oleh

DLH Kota Makassar Akan Perluas Lokasi TPA Tamangapa

Editor : Lukman Maddu, Penulis : Ratih-Metro-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM — Sempat di gadang – gadang akan dipindahkan ke TPA Regional Mammina, Pemerintah Kota Makassar tetap mempertahankan TPA di Tamangapa.

Selain membangun pembangkit listrik dari sampah (PLTSa), dinas lingkungan hidup (DLH) Kota Makassar berencana menambah luas lahan di TPA Tamangapa seluas 4-5 hektare.

Hal ini dilakukan DLH Kota Makassar sebagai langkah antisipasi. Karena TPA Tamangapa diperkirakan mengalami kelebihan kapasitas di tahun 2020 mendatang.

“Ini hasil kajian dari Korea IT bahwa kalau tidak dilaksanakan pengolahan sampah melalui PLTSa kondisi TPA tamangapa 2020 sudah tidak bisa lagi dilakukan pembuangan,” ujar Plt Kepala DLH Kota Makassar, Andi Iskandar, Jumat (20/9/2019).

Andi Iskandar mengaku telah mengajukan proposal perluasan lahan TPA Tamangapa ke pejabat Wali Kota Makassar.

“Kalau untuk penanganan TPA Tamangapa langkah yang diambil dalam hal pemenuhan pembuangan sementara untuk tahun 2020, kami sudah buat proposal untuk pengajuan perluasan lahan,” ungkapnya.

Namun, pihaknya belum bisa memastikan besaran anggaran untuk pembebasan lahan di TPA. Karena, hal ini menjadi kewenangan Dinas Pertanahan.

Selain menyiapkan ketersediaan lahan untuk penampungan sementara, saat ini pihaknya juga fokus rencana pembangunan pembangkit listrik tenaga sampah (PLTSa).

Andi Iskandar mengungkapkan jika PLTSa sudah beroperasi masyarakat tidak perlu khawatir lagi akan bahaya kebakaran yang terjadi setiap tahunnya, termasuk ancaman over sampah di TPA tahun mendatang.

Pasalnya rencana pembangunan PLTSa telah berada pada tahap pembahasan pra feasibility study. Kemudian akan dilakukan market sounding untuk memperkenalkan proyek PLTSa TPA Tamangapa ke seluruh investor agar mau menanamkan modalnya. (*)

Komentar