oleh

Ribuan Mahasiswa API Parepare Demonstrasi Tolak RUU Pertanahan

Editor : Ashar Abdullah, Penulis : Kalmasyari-Daerah, Parepare-

PAREPARE, BACAPESAN.COM – Ribuan Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Peduli Indonesia (API), melakukan demonstrasi penolakan Rancangan Undang – Undang (RUU) Pertanahan, selasa (24/9/2019), di Tugu Tunas Kelapa, Jalan Jenderal Ahmad Yani Kota Parepare, Sulawesi Selatan.

Mahasiswa API itu, terdiri Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Parepare (UMPAR), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare dan Universitas Negeri Makassar (UNM) Parepare, turun melakukan aksi demo dengan menyuarakan dua tuntutan diantaranya, menolak Rancangan Undang-Undang (RUU) Pertanahan serta mendesak Jokowi mengeluarkan Perppu KPK.

Koordinator Lapangan API, Muh Khaerun Afif menjelaskan, pihaknya melakukan aksi hari ini bertepatan dengan hari tani nasional, olehnya itu kata dia, isu pertanahan perlu disuarakan, dan yang sangat penting adalah isu pelemahan Komisi Pemberantasan Korupsi.

“Menolak pasal bermasalah dalam RUU Pertanahan yang dinilai tidak pro kepada petani dan berpotensi memacu melonjaknya angka konflik agraria di negeri ini,” jelasnya

Afif menambahkan, meski penetapan RUU Pertanahan ditunda, namun penolakan terhadap RUU itu harus ditolak karena tidak berpihak kepada mayoritas rakyat Indonesia.

“Kami mengingatkan pada presiden dan DPR RI untuk mengedepankan kedaulatan dan kesejahteraan rakyat,” harapnya

RUU Pertanahan ini harusnya menjawab lima krisi pokok agraria diantaranya, adanya ketimpangan truktur agraria yang tajam, maraknya konflik agraria, kerusakan ekologis, alih fungsi lahan dan kemiskinan petani.

“Di sini kita turun melakukan aksi demo menolak RUU pertanahan,” serunya.

Usai melakukan demonstrasi di Tugu Tunas Kelapa, massa berpindah ke kantor DPRD Kota Parepare menyuarakan aspirasi yang sama. (*)

Komentar