oleh

BMKG : Sulsel Memasuki Puncak Musim Kemarau Hingga Oktober Mendatang

Editor : Ashar Abdullah, Penulis : Hikmah-Metro-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Seluruh wilayah zona musim di Sulawesi Selatan saat ini memasuki musim kemarau. Data dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Kelas I Maros yang dirilis pada, Rabu (25/09/2019) mengungkapkan seluruh wilayah di Sulsel baik utara maupun Selatan tidak mengalami hujan selama 60 hari terakhir.

“Dari hasil monitoring, Sulsel masih berwarna pink dan merah artinya tidak mengalami hujan lebih dari 60 hari,” ungkap Kepala Stasiun Klimatologi Maros, Hartanto.

Hartanto menyampaikan, hampir sebagian besar daerah indonesia masih cerah kecuali Sumatera namun potensi hujan masih belum besar.

“Khusus di Sulsel, curah hujannya masih belum terbentuk dengan baik. Dari September hingga Februari, suhu permukaan laut akan semakin hangat. Maksudnya cuaca hangat akan semakin meningkat padad September yang menyebabkan peningkat hutan di tempat kta,” katanya.

Sejalan dengan itu, Darmawan Kepala BMKG Makassar mengungkapkan awal musim kemarau baru akan tiba pada pada awal November mendatang.

“Mungkin beberapa hari lalu pernah terjadi hujan, namun itu hanya pengalihan, hujannya pun setelah kami melakukan penelitian hanya 0,7 mm. Kami memprediksi pada oktober hingga Desember mendatang potensi curah hujan meningkat,” tambahnya. (*)

Komentar