oleh

Menanti Gebrakan Legislator Muda Sulsel

Editor : Lukman Maddu-Headline, Politik-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Pelantikan anggota DPRD Sulsel hasil Pemilu 2019 telah digelar Selasa, (24/9) lalu. Lebih dari setengah anggota DPRD Sulsel adalah wajah baru.

Dari 85 kursi DPRD Sulsel, sebanyak 59% didominasi oleh pendatang baru. Selebihnya 41% adalah incumbent. Di antara mereka, terdapat sejumlah nama yang tergolong masih sangat muda. Atau mewakili kaum milenial

Sebut saja Imam Fauzan Amir Uskara (lahir 1996), Andre Prasetyo Tanta (lahir 1995), Andi Muhammad Anwar (lahir 1994), Andi Putra Batara Lantara (lahir 1995), Andi Izman Maulana Padjalangi (lahir 1993) dan Ismail (lahir 1992).

Terlepas dari usianya yang masih muda, masyarakat tentunya berharap agar kinerja para wakil rakyat milenial itu bisa maksimal.

Direktur Eksekutif Komisi Pemantau Legislatif (Kopel) Sulsel, Syamsuddin Alimsyah mengatakan, pergantian dan pelantikan anggota DPRD Sulsel sudah dilakukan. Sejatinya, komposisi legislator baru membawa harapan, apalagi munculnya wajah baru dengan usia yang masih muda.

“Setidaknya espektasi publik berharap dengan usia yang masih muda sejatinya lebih progres dan lebih pro rakyat,” ucap Syamsuddin, Rabu (25/9).

Lanjut Syam–sapaan karibnya, legislator yang baru terpilih dan dilantik harus menjawab tantangan publik dengan membuktikan kinerja yang lebih baik. “Sayang sekali bila kinerjanya tidak ada pembeda atau malah lebih rendah. Ini bisa menjadi justifikasi untuk mengevaluasi kepercayaan publik,” bebernya.

Disinggung soal banyaknya legislator muda nan minim pengalaman, kata Syam, hal itu bukan menjadi persoalan yang penting. Sebab, selama duduk sebagai wakil rakyat kemudian bisa memenuhi ekspektasi pemilih itu menjadi paling penting.

“Tidak menjadi soal kalau komitmen dan pengetahuannya kuat. Pengetahuan bisa segera di atasi, yang bahaya kalau belum bekerja sudah lebih banyak menuntut fasilitas dan berubah prilaku menjadi glamor,” cetusnya.

Senada dengan itu, Manager Strategi dan Operasional JSI, Nursandy Syam mengatakan, sebagian besar anggota DPRD yang dilantik berstatus baru di parlemen. Namun, bila ditelisik lebih dalam posisi mereka tergolong pengalaman.

Komentar