oleh

Minuman Terbaik untuk Atasi Dehidrasi

Editor : Ashar Abdullah-Gaya Hidup, Kesehatan-

BACAPESAN.COM – Dehidrasi merupakan kondisi di mana tubuh kekurangan cairan. Kondisi ini terjadi akibat jumlah cairan yang keluar dari tubuh lebih banyak ketimbang jumlah yang masuk. Hasilnya, tubuh akan terasa lebih lemas dan tidak bertenaga saat menjalani aktivitas.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencegah dehidrasi adalah dengan memenuhi asupan cairan dengan benar. Air putih sering disebut sebagai yang paling efektif, tapi ternyata masih ada deretan minuman lain yang baik untuk mengatasi dehidrasi.

Menurut dr. Nabila Viera Yovita dari KlikDokter, air putih adalah satu dari beberapa jenis minuman yang paling baik untuk mencegah dan mengatasi dehidrasi. Umumnya, pria dewasa membutuhkan setidaknya 2,5-2,6 liter air putih per hari, sedangkan wanita dewasa membutuhkan setidaknya 2,3 liter.

Dikutip dari laman Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), bayi dan anak memiliki kebutuhan cairan yang berbeda lagi dan bergantung pada usianya, yaitu:

  • 0-6 bulan memerlukan cairan 700 ml per hari
  • 7-12 bulan memerlukan cairan 800 ml per hari
  • 1-3 tahun memerlukan 1300 ml per hari
  • 4-8 tahun memerlukan 1700 ml per hari
  • 9-13 tahun memerlukan 2400 ml per hari pada laki-laki dan 2100 ml per hari pada perempuan
  • 14-18 tahun memerlukan 3300 ml per hari pada laki–laki dan 2300 ml per hari pada perempuan

Tidak hanya mencegah dehidrasi, air putih juga dapat berfungsi untuk meningkatkan energi dan fungsi otak. Sebab, sebagian besar otak terdiri dari air. Jadi, jika tubuh kekurangan cairan, maka otak juga tidak akan bisa berfungsi dengan baik.

Selain air putih, minuman apa lagi yang baik untuk dehidrasi?
Jika Anda sedang kehausan dan tidak ada air putih yang bisa ‘menyelamatkan’, maka minuman yang mengandung elektrolit tinggi seperti air kelapa bisa menjadi alternatifnya.

Baca Juga:
Cukupkah Sahur Hanya Minum Air Putih?
“Selain rasanya yang manis dan menyegarkan, air kelapa juga menawarkan beberapa manfaat kesehatan lainnya –termasuk untuk mengatasi dehidrasi. Sebab, air kelapa mengandung elektrolit yang dapat mengganti cairan tubuh yang hilang dengan cepat. Selain itu, kandungan sodium, kalsium, potasium, dan magnesium di dalamnya juga baik untuk mencegah masalah dehidrasi,” jelas dr. Nabila.

Lalu, masih ada juga jus buah murni yang dapat Anda pilih untuk mengatasi masalah dehidrasi. Untuk dijadikan jus, pilihlah buah yang memang mengandung banyak air seperti semangka, stroberi, apel, dan melon. Hindari penambahan gula buatan pada jus Anda karena justru bisa memicu rasa haus berlebih setelah meminumnya.(klikdokter)

Komentar