oleh

Besok, Jalur Fly Over Bakal Ditutup

Editor : Lukman Maddu, Penulis : Hikmah-Metro-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Setelah penutupan dan pengalihan beberapa ruas jalan di AP Pettarani sebagai dampak dari pengerjaan tol layang yang ditargetkan rampung tahun 2020 mendatang, pertanggal 10 Oktober besok, fly over akan ditutup.

Penutupan fly over tersebut sebagai bentuk rekayasa lalu lintas dikarenakan pemasangan box girlfriend Pier (P) 8 dan 9 tepat diatas fly over dengan berat mencapai 30 ton.

Manajer safety dan traffic Wika Beton, Alex Muhajirin menjelaskan penutupan sementara tersebut dilakukan untuk menjaga keamanan sehingga Fly over bagian bawah akan ditutup, sedangkan bagian atas akan diberlakukan sistem buka tutup secara situasional.

“Pengangkatan beban ini aman, tetapi dikhawatirkan masyarakat yang berada dibawah rute pengerjaan merasa takut jika ada beban yang tergantung sehingga dilakukan penutupan dibawah fly over dengan jarak 2 meter,” katanya Selasa (08/10/2019) kemarin.

Sementara untuk bagian atas flyover menurut Alex akan diberlakukan sistem buka tutup di jam tertentu yang dirasa sangat padat kendaraan.

“Karena launchingnya Kamis pagi sampai malam, kami mempersiapkan penutupan jalan bawah fly over Kamis malam dengan penutupan full menggunakan MCB (moveable concrete barrier. Sedangkan penutupan fly over bagian atas tidak sampai 24 jam melainkan diberlakukan sistem buka-tutup di jam-jam tertentu seperti pada pukul 06.00-08.00 pagi, pukul 12.00-13.00 siang dan pukul 17.00-19.00 malam,” terangnya.

Lebih lanjut kata Alex, penutupan fly over tersebut diperkirakan akan berlangsung selama sepekan.

“Estimasi 5 hari, paling lama penutupan 7 hari dan dimulai pada kamis mendatang,” katanya.

Nantinya, papan bicara akan disiapkan untuk mempermudah pengendara mengetahui rute yang telah disiapkan. (*)

Komentar