oleh

Jelang Akhir Tahun, Pemkot Makassar Waspadai Inflasi

Editor : Ashar Abdullah, Penulis : Ratih-Metro, Pemerintahan-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM — Pemerintah Kota (Pemkot) Dalam hal ini, Pj Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb, berupaya serius mewaspadai inflasi yang kerap terjadi pada momen akhir tahun.

Menurutnya, Pemkot Makassar perlu lakukan sinergi dengan stakeholder terkait untuk menekan kenaikan harga yang signifikan.

Sehingga bisa triple helix atau sinergi dan penyatuan tiga kalangan yang terdiri dari kalangan akademik, bisnis atau pengusaha dan pemerintah. Ketiga kalangan tersebut yaitu akademik, bisnis, pemerintah memiliki motivasi untuk meningkatkan dinamika dan daya kesinambungan ekonomi.

Iqbal menyebut sebagai Pemerintah, terkadang perlu percaya diri, bisa mengendalikan semuanya. Padahal kata dia triple helix-nya harus jalan semua.

“Walaupun Pemerintah mau A, kalau para pelakunya berbeda pendapat, kan bisa saja berbeda. Jadi, sekarang itu harus kita benar-benar melibatkan para pelaku ekonomi dan para pemasok ini. Harus kita lihat juga bagaimana ketersediaan pemasok, kemampuan pemasok, karena yang menjalin hubungandengan para petani itu adalah para pemasok tersebut, para distributor tersebut,” ujar Iqbal. Kamis, (17/10/2019).

Iqbal menghimbau Dinas Perdagangan harus tahu pendapat para distributor dalam ketersediaan pangan dan bahan pokok. Sebab kata dia, kondisi di Kota Makassar sendiri sampai saat ini masih berada pada posisi aman dengan IHK di bawah nol persen.

“Untuk sekarang itu masih under control, masih dibawah nol persen dan Masih deflasi/Stabil. IHK masih dibawah nol persen. IHK kan yang paling mempengaruhi inflasi,” ungkapnya.

Iqbal menabahman Dinas Perdagangan harus mengasa beberapa komoditi utama seperti cabe, sayur kangkung, ikan juga termasuk cakalang. Sebab sangat berpengaruh.

Karena selain konsumsinya tinggi, juga seasonal/musiman. Apalagi nanti kalau mendekati musim hujan, harga ikan cenderung berpengaruh. (*)

Komentar