oleh

Kakanwil Sulsel Buka Bimbingan BERKAH

Editor : Ashar Abdullah-Daerah, Gowa-

GOWA, BACAPESAN.COM – Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa kembali menyelenggarakan salah satu program inovasi Kementerian Agama Republik Indonesia yaitu Pusaka Sakinah yang merupakan terobosan dalam rangka menjaga, memelihara sekaligus memberikan penguatan-penguatan pada keluarga Indonesia.

Salah satu program besar pada Pusaka Sakinah adalah Berkah yaitu Belajar Rahasia Nikah, program inilah yang diintensifkan oleh Kantor Urusan Agama Kec. Somba Opu sebagai salah satu KUA Kecamatan di Sulawesi Selatan dan Kab. Gowa khususnya, yang menjadi Filoting Pusaka Sakinah.

Kepala KUA Kec. Somba Opu, H. Muh. Akbar Samad mengatakan dalam laporannya bahwa program Berkah dalam bentuk Bimbingan Keuangan Keluarga yang dilaksanakan ini adalah angkatan yang III, yang dihadiri pasangan suami istri yang usia perkawinannya 1 sampai 10 tahun ditambah sebahagian calon pengantin yang akan melangsungkan pernikahan dalam wilayah Kecamatan Somba Opu, jumlah peserta keseluruhan 30 orang (15 Pasang),Rabu, (13/11/2019).

Lebih lanjut dikatakan bahwa, tahun ini KUA Kec. Somba Opu diberi kesempatan untuk melaksanakan 5 kali bimbingan, sehingga 2 kali bimbingan yang tersisa akan direalisasikan pada pekan terakhir bulan Nopember ini dan 1 kali di awal bulan Desember 2019 dalam bentuk Bimbingan Berkah Relasi Harmonis.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan, H. Anwar Abubakar dalam arahannya pada pembukaan acara tersebut mengatakan bahwa, salah satu faktor yang kadang memicuketidak cocokan dalam rumah tangga adalah faktor ekonomi, ekonomi dan keuangan keluarga tidak dikelola dengan baik sehingga mengundang percekcokan antara pasangan suami istri yang berujung pada keretakan dan perceraian, inilah yang tidak kita inginkan, sehingga pasangan suami istri dan calon pasangan suami istri diundang untuk mengikuti Bimbingan Berkah Keuangan Keluarga. Kami sangat berharap bahwa kegiatan ini berdampak kepada para peserta yang hadir hari ini, dan kita sangat bersyukur kalau yang diperoleh ditempat ini dapat ditularkan kepada pasangan suami istri lain yang belum sempat mengikuti kegiatan ini.

H. Anwar Abubakar yang juga Mantan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gowa, mengatakan bahwa Pusaka Sakinah sebenarnya menjadi bagian dari upaya transformasi Kantor Urusan Agama (KUA) ke arah yang lebih baik.

KUA tidak hanya berfungsi formil dalam pencatatan nikah saja, tetapi Lebih dari itu, KUA juga memiliki tanggung jawab agar pasangan yang dinikahkan dapat mewujudkan keluarga sakinah. KUA harus menjadi poros ketahanan keluarga. Oleh sebab itu, kami berharap jajaran KUA Kecamatan Somba Opu untuk lebih intens mensosialisasikan program Pusaka Sakinah yakni : Berkah (Belajar Rahasia Nikah), Kompak (konseling, mediasi, pendampingan dan advokasi), serta Lestari (Layanan bersama Ketahanan keluarga Republik Indonesia). (rls)

Komentar