oleh

Ini Bahayanya Jika Terlalu Banyak Makan Pisang

Editor : Ashar Abdullah-Gaya Hidup, Kesehatan-

JAKARTA, BACAPESAN.COM – Pisang memang sudah dikenal dengan banyak manfaat untuk kesehatan. Buah berwarna kuning ini pun digemari oleh hampir seluruh orang di dunia. Rasanya hampir tidak ada orang yang mengatakan bahwa pisang memiliki dampak buruk bagi tubuh.

Tapi, tunggu dulu. Jika dikonsumsi dalam jumlah tepat dan sewajarnya, pisang bermanfaat baik bagi kesehatan dan kecantikan. Mulai dari mengurangi gejala mual, memerangi depresi, hingga menetralkan kadar gula darah. Namun jika dikonsumsi berlebihan, buah manis kaya manfaat ini justru bisa berubah jadi makanan yang berbahaya.

Berikut ini efek samping mengonsumsi terlalu banyak pisang, seperti dilansir laman Stylecraze, Kamis (14/11).

Pisang dibandingkan dengan sekotak kue atau keripik favorit Anda, memilik kadar kalori lebih sedikit. Tetapi, mereka masih memiliki cukup kalori untuk membuat Anda menambah berat badan. Pisang berukuran sedang mengandung 105 kalori. Jadi, jika Anda mencari camilan rendah kalori untuk dinikmati setiap beberapa jam, pisang mungkin bukan pilihan terbaik.

2. Migrain

Jika Anda sering bermasalah dengan serangan migrain yang menyiksa, Anda mungkin ingin menghindari memasukkan pisang ke dalam makanan sehari-hari Anda. Tyramine, zat yang ditemukan dalam banyak makanan seperti keju, ikan, daging, dan pisang adalah pemicu sakit kepala migrain, menurut laporan University of Maryland Medical Center. Karena kulit pisang mengandung sepuluh kali lebih banyak tyramine daripada bubur pisang, berhati-hatilah agar Anda tidak mengonsumsi kulit pisang.

3. Hiperkalemia

Hiperkalemia adalah suatu kondisi yang disebabkan karena kelebihan kalium dalam darah dan diidentifikasi melalui gejala seperti denyut nadi tidak merata, mual, dan detak jantung tidak teratur yang bahkan bisa menyebabkan serangan jantung. Menurut Linus Pauling Institute dari Oregon State University, dosis kalium lebih besar dari 18 g bisa menyebabkan hiperkalemia pada orang dewasa.

4. Kerusakan Gigi

Tinggi pati, pisang bisa menyebabkan kerusakan gigi yang serius jika Anda tidak menjaga kebersihan gigi. Menurut penelitian tertentu, pisang bahkan bisa lebih merusak kesehatan mulut Anda dibandingkan dengan cokelat, licorice merah, dan permen karet. Pati larut perlahan di mulut sedangkan gula larut dengan cepat. Karena itu, ketika Anda mengonsumsi makanan seperti pisang, partikel-partikelnya berada di antara gigi selama sekitar dua jam dan karenanya menarik lebih banyak bakteri, yang menghasilkan lebih banyak gigi berlubang.

5. Mengantuk

Selalu berpikir bahwa memulai hari Anda dengan pisang adalah ide bagus? Apa yang Anda mungkin tidak tahu adalah bahwa pisang bisa membuat Anda merasa mengantuk, bahkan jika Anda baru saja memulai hari Anda. Pisang kaya akan triptofan, asam amino yang bisa mengurangi kinerja mental dan waktu reaksi Anda, selain membuat Anda mengantuk. Pisang juga mengandung magnesium dosis tinggi, mineral yang membantu relaksasi otot. Properti ini, bagaimanapun, menjadikannya camilan yang baik sebelum tidur.

6. Kerusakan Saraf

Karena pisang mengandung vitamin B6 dalam jumlah tinggi, konsumsi berlebih pisang bisa menyebabkan kerusakan saraf. Menurut Pusat Medis Universitas Maryland, konsumsi lebih dari 100 mg vitamin B6 tanpa resep bisa mengakibatkan kerusakan saraf. Namun, kemungkinan kerusakan saraf melalui konsumsi pisang tampaknya jarang kecuali Anda adalah binaragawan yang harus mengonsumsi pisang atau jika Anda berpartisipasi dalam kompetisi makan pisang.(fny/jpnn)

Komentar