oleh

Ini Rangkaian Kegiatan di Hari Jadi Gowa ke-699

Editor : Lukman Maddu-Gowa-

GOWA, BACAPESAN.COM – Kabupaten Gowa akan genap berumur 699 tahun pada Minggu 17 November 2019 mendatang. Sejumlah rangkaian kegiatan Hari Jadi Gowa ke-699 akan berlangsung, Sabtu (16/11/2019) hingga Minggu (17/11/2019).

Tema yang diangkat pada HUT kali ini yakni membangun keunggulan budaya lokal dalam memantapkan kinerja dan laju pembangunan.

Kegiatan pertama yakni pelantikan pengurus IDI Kabupaten Gowa. Kegiatan ini dijadwalkan berlangsung pukul 07:30 Wita esok. Pelantikan pengurus IDI ini akan berlangsung di Baruga Tinggimae Rumah Jabatan Bupati Gowa.

Kegiatan kedua akan dilanjutkan dengan perhelatan Tabligh Akbar di Masjid Agung Syekh Yusuf pukul 09:00 Wita. Kegiatan ini akan menghadirkan Ustadz Adi Hidayat sebagai pembicara. Ustaz nasional hadir menyampaikan dakwah kepada masyarakat Gowa.

Memperingati HUT ke-699 Gowa, Pemkab Gowa juga menjadwalkan kunjungan ke Makam Sultan Hasanuddin. Mantan Raja Gowa ini merupakan pahlawan nasional yang memiliki jasa dalam berjuang melawan penjajah.

Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan bersama rombongan akan menyiarahi makam Sultan Hasanuddin dan Karaeng Pattingalloang pukul 13:30 Wita.

Sore harinya akan dilanjutkan dengan penyampaian Orasi Ilmiah Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan di DPRD Kabupaten Gowa.

Orasi ilmiah ini akan disampaikan dalam Rapat Paripurna di hadapan para legislator. Kegiatan akan berlangsung di Ruang Rapat Paripurna DPRD Gowa, Jl Masjid Raya Sungguminasa.

Sementara puncak kegiatan akan berlangsung pada Minggu 17 November 2019. Puncak Hari Jadi Gowa dihelat di Kawasan Benteng Somba Opu, Kecamatan Barombong, Kabupaten Gowa.

Kegiatan yang akan berlangsung pukul 09:00 Wita ini akan dihadiri berbagai tokoh. Antara lain Gubernur Sulsel, sejumlah kepala daerah se-Sulsel, tokoh-tokoh masyarakat, serta SKPD, camat, dan lurah.

“Kita mengundang wali kota dan bupati dan Bapak Gubernur Sulsel, beliau menyatakan akan hadir karena undangannya dibawakan langsung Bapak Bupati Gowa,” kata Sekretaris Daerah Gowa Muchlis.

Perayaan Hari Jadi Gowa ke-699 juga akan dimeriahkan beragam kegiatan dan lomba menarik. Beragam lomba tersebut antara lain Pemilihan Taurungka dan Taulolo Gowa 2019, Gowa Youth Cup, tennis meja, trail run dan beberapa kegiatan lainnya.

Kemudian untuk beragam kegiatan yakni Tabligh Akbar bersama Ustadz Adi Hidayat, orasi Bupati Gowa pada Rapat Paripurna HJG, dan kunjungan ke Taman Makam Pahlawan Kabupaten Gowa.

Khusus di puncak acara pihaknya akan memberikan hiburan spesial. Selain itu, pengumuman bagi para pemenang lomba serta pemberian penghargaan bagi kecamatan dan SKPD lingkup Pemkab Gowa.

Muchlis mengatakan 1.000 undangan telah diedarkan untuk memeriahkan Hari Jadi Gowa ini. Panitia menggundang kepala desa/lurah, kepala dusun, pimpinan SKPD, pejabat forkopimda kabupaten dan provinsi. (*)

Komentar