oleh

Siap Diuji Coba, Kereta Api Sulsel Butuh Operator

Editor : Lukman Maddu-Metro-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Progress pengerjaan Proyek Strategis Nasional (PSN), Kereta Api (KA) Trans Sulawesi tahap I Makassar-Parepare, tepatnya di Kabupaten Barru saat ini sudah rampung.

Kepala Humas Pengembangan Perkeretaapian Sulawsi Selatan, Arinova G Utama menjelaskan, saat ini jalur kereta api di Kabupaten Barru dengan panjang 44 Km sudah selesai. “Sudah rampung itu,” kata dia, Selasa (19/11).

Ia menambahkan, pengoperasian secara resmi kereta api ini nantinya akan dilakukan jika semua sarana sudah siap. Termasuk kebutuhan operator lokomotif kereta.

“Jalurnya sudah rampung, cuma memang untuk operasionalnya sejauh ini belum ada operator sarana kereta api nya, dan ini aturannya berada di pusat,” ujarnya.

Arinova menyebutkan terkait penunjukan operator sarananya, aturannya berada di Direktorat Lalu Lintas.

Mengenai apakah penunjukan operator akan melalui proses lelang dan ini bisa BUMN dan Swasta, ia menyatakan bahwa itu menjadi kebijakan dari pusat, nantinya skema angkutan perintis. Namun, Arinova mengaku tidak mengetahui detailnya akan seperti apa mengingat pihaknya adalah tim prasarana.

“Kalau operator sudah ada, maka akan dioperasikan secara keseluruhan di tahun depan. Karena tahun 2020 ditargetkan rampung untuk jalur Pangkep-Maros sekitar 59 Km lagi. Makanya saat ini pembebasan lahan terus dirampungkan agar pengerjaan konstruksi bisa dimulai,” paparnya.

Seperti diketahui, Kementerian Perhubungan saat ini melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian dalam hal ini, Tim Balai Teknik Perkeretaapian Jawa Bagian Timur (Satuan Kerja Pengembangan Perkeretaapian Makassar – Parepare) terus merampungkan pembebasan lahan di dua kabupaten yaitu Pangkep dan Maros.

Setelah beberapa waktu lalu, pembayaran lahan di Maros. Kali ini mereka membayarkan 5 bidang lahan untuk warga yang berada di Kabupaten Pangkep, dengan nilai Rp1.644.105.000

Sekertaris Direktorat Jenderal Perkeretaapian, Zulmafendi menyampaikan bahwa, ini merupakan tahap awal untuk pembayaran lahan jalur KA Makassar – Parepare di Kabupaten Pangkep dan akan terus berlanjut.

Komentar