oleh

5 Olahraga Ini Bakar Kalori Lebih Banyak Dari Lari

Editor : Ashar Abdullah-Gaya Hidup, Kesehatan-

BACAPESAN.COM – Lari kerap dipilih sebagai olahraga untuk membakar kalori di dalam tubuh. Selain mudah dilakukan, lari juga terbilang murah. Namun ternyata, masih banyak jenis olahraga fisik lainnya yang bisa membakar kalori lebih banyak dibandingkan lari.

Dr. Rio Aditya dari KlikDokter menjelaskan bahwa berlari selama satu jam bisa membakar sekitar 230-470 kalori. Nah, dengan waktu yang sama, beberapa olahraga di bawah ini rupanya bisa membakar kalori lebih banyak. Apa saja ya?

1. Bersepeda

Selain menyenangkan, bersepeda juga terbukti membakar kalori lebih banyak ketimbang lari. Meski sama-sama melibatkan otot, tapi pada olahraga sepeda, beban yang ditanggung sendi akan menjadi lebih sedikit.

“Bersepeda dengan intensitas sedang dalam satu jam dapat membakar sekitar 600 kalori. Coba bayangkan jika intensitas bersepeda Anda ditambahkan lagi menjadi lebih sedikit berat, maka kalori yang dibakar pun juga semakin banyak,” kata dr. Rio.

Namun, kalori yang terbakar akan bergantung pada intensitas dan durasi bersepeda yang Anda lakukan. Umumnya, menurut dr. Rio, jika Anda melakukan olahraga yang satu ini selama satu jam, kalori yang terbakar biasanya lebih dari 400 kalori.

Selain membakar kalori yang banyak, bersepeda juga menjadi salah satu aktivitas fisik yang baik untuk melatih ketahanan dan stamina. Bersepeda melatih kesehatan jantung, menunjang pernapasan yang efektif, serta membantu menjaga berat badan agar tetap stabil dan ideal.

2. Berenang
Bukan hanya sekadar berenang santai, berenang dengan intensitas tinggi dapat membakar kalori melebihi berlari. Saat berenang, Anda menggunakan seluruh anggota tubuh, sekaligus mengurangi tekanan pada sendi.

Komentar