oleh

Atasi Banjir, Dinas PU Jalankan 3 Program

Editor : Ashar Abdullah, Penulis : Ratih-Metro, Pemerintahan-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM — Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar bakal menjalankan tiga program andalannya mengurangi potensi titik banjir.

Program yang dimaksudkan adalah pembangunan saluran drainase, rehabilitasi drainase, dan pengendalian genangan.

Kepala Bidang PSDA dan Drainase Dinas PU Kota Makassar, Fuad Azis mengatakan, titik banjir di Makassar dipastikan berkurang jelang musim hujan tahun ini. Karena saat ini pihaknya fokus pada pembangunan dan perbaikan saluran air atau drainase.

“Pencegahan terjadinya genangan sudah dilakukan dari Januari yang lalu, hingga Januari 2020 mendatang. Fokus kami memaintance saluran yang ada,” ungkapnya, Rabu (20/11/2019) kemarin.

Fuad mengatakan untuk pengendalian genangan, pihaknya telah membentuk Satuan Petugas (Satgas) di 15 kecamatan.

“Kami telah membentuk satuan tugas (satgas), mereka akan bekerja memperluasan penampang drainase dengan pengerukan sedimentase dan pasir-pasir di saluran air. Satu orang satgas bertanggungjawab terhadap 2 meter kubik,” ujar Fuad.

Upaya pencegahan banjir, juga dilakukan PU dengan memanfaatkan teknologi seperti pembangunan kolam retensi banjir (Aquapond) di depan kantor Gubernur Sulsel. “Dengan adanya kolam penampungan air ini, genangan yang sering terjadi bisa berkurang,” ucapnya.

Fuad menjelaskan, sejak 2014 lalu, di Kota Makassar terdapat 32 genangan kritis. Hanya saja, tahun ini sudah mulai ditangani bahkan sudah berkurang. (*)

Komentar