oleh

Kopel Minta PDAM Makassar Cepat Tanggap Keluhan Masyarakat

Editor : Lukman Maddu, Penulis : Ratih-Metro-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Komite Pemantau Legislatif (Kopel) menggelar dialog multi pihak, dengan menyusun tema “Isu Layanan Air Bersih Perumda”, di Aula Perumda/PDAM Kota Makassar, Kamis (21/11/2019).

Dialog ini digelar untuk membahas keluhan-keluhan masyarakat terkait layanan PDAM Kota Makassar, sekaligus mencari solusi dan menindaki permasalah PADM pasca musim kemarau.

Koordinator Makassar Ahmad Tang mengatakan kegiatan ini diselenggarakan untuk mengukur pelayanan publik di Kota Makassar. Kata dia, pengaduan layanan PDAM termasuk dalam projek Kopel yakni layanan aspirasi online rakyat melalui sistem informasi publik nasional.

“Salah satunya mengukur itu, bagaimana kita melihat tingkat respon dari semua OPD baik itu dari pemerintah, BUMN, maupun BUMD dari Kota Makassar,” ujar Ahmad.

Ahmad mengatakan BUMN masuk dalam urutan ke-2 tingkat pengaduan/keluhan masyarakat, setelah capil. Terdapat 26 aduan.

Dia mengatakan dialog ini digelar agar pelaku-pelaku kepentingan bisa merumuskan rekomendasi dan bisa menindaklanjuti rekomendasi yang disampaikan kopel kepada stakeholder terkait.

Namun, menurut Ahmad respon dari PDAM terhadap tingkat keluhan-keluhan masyarakat selama ini, perlu ditingkatkan. Sebab kata dia, keluhan dari masyarakat perlu repon dan tindakan cepat dari PDAM sendiri.

“Kalau kita melihat respon dari PDAM perlu ditingkatkan. Karena inikan aduan-aduan masyarakat itukan perlu repon yang cepat, salah satunya itu adalah melalui aplikasi ini, keluhan-keluhan masyarakat, pihak PDAM dan OPD itu harus menyiapkan unit pengelolah pengaduan,” ungkapnya. (*)

Komentar