oleh

Bawaslu Tator Ingatkan Petahan Agar Tak Mutasi ASN Jelang Pilkada

Editor : Ashar Abdullah, Penulis : Cherly-Pilkada, Politik-

TANA TORAJA, BACAPESAN.COM – Kabupaten Tana Toraja (Tator) sebagai salah satu kabupaten yang akan melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020. Olehnya itu, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Tator mulai gencar menyampaikan himbauan kepada ASN maupun kepada petahanan atau incumbent.

“Kami gencar menyampaikan himbauan kepada masyarakat, Aparatur Sipil Negara (ASN) agar menjaga netralitas dan bahkan kepada petahana yang akan kembali bertarung dalam pilkada nanti,” ungkap Ketua Bawaslu Tator, Serni Pindan.

Serni menambahkan, Bawaslu Tana Toraja juga memberikan himbauan kepada petahana agar petahana tidak melakukan mutasi enam bulan sebelum tanggal penetapan pasangan calon.

“Sesuai Undang Undang nomor 10 tahun 2016 pada pasal 71 ayat 2 dan 3 yang melarang petahana melakukan mutasi 6 bulan sebelum tanggal penetapan pasangan calon sampai dengan akhir masa jabatan kecuali mendapat persetujuan tertulis dari mentri dan dilarang menggunakan kewenangan, program, dan kegiatan yang menguntungkan atau merugikan salah satu pasangan calon baik di daerah sendiri maupun di daerah lain dalam waktu 6 buoan sebelum penetapan pasangan calon sampai dengan penetapan pasangan calon terpilih,” tuturnya.

Serni berharap kepada petahan dan ASN agar menaati aturan yang ada demi berjalannya pilkada yang aman, dan sukses. (*)

Komentar