oleh

Soal Pengunduran Diri Misna, Ini Kata Komisioner KPU Sulsel

Editor : Lukman Maddu, Penulis : Ratih-Politik-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Komisioner Komisi Pemilihan Umum Sulawesi Selatan (KPU Sulsel) Misnah M Attas, mengundurkan diri sebagai Ketua KPU, jelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2020.

Saat ini, jabatan yang kosong diisi oleh Faisal Amir yang kini menjabat sebagai Pelaksana tugas (Plt) Ketua KPU Sulsel, hingga ada penetapan sebagai ketua KPU Sulsel secara defenitif dari KPU RI.

Terkait hal itu, KPU Sulsel menggelar konferensi pers di kantor KPU Sulsel, Minggu (24/11/2019). Hadir dalam konfrensi pers itu devisi SDM Fatmawati, dan Asram Jaya devisi tehnis penyelenggara pemilu.

Saat ditanya oleh awak media tentang pengunduran Misnah dari jabatan ketua KPU, ke-3 komisioner ini, memilih bungkam. Mereka, mengarahkan awak media untuk bertanya langsung kepada pihak terkait. Sebab katanya hal tersebut, bukan kewenangan dari mereka.

“Intinya begini, kalau mau tanyakan peneyebab dan alasannya silahkan tanyakan ke ibu Misnah. Tidak etis kalau kami yang menyampaikannya sebab itu bukan ranah kami,” ujar Faisal yang kini menjabat Plt KPU Sulsel.

Fatmawati mengatakan Misnah mundur dari jabatan Ketua KPU Sulsel, sejak 19 November 2019 lalu. Pasalnya dia (Misnah) telah mengajukan surat ke KPU RI, yang kemudian diteruskan, melalui rapat pleno di KPU Sulsel pada Jumat 22 November lalu.

Dikatakan Fatmawati, Misnah telah mengundang mereka dalam rapat pleno. Dalam rapat tersebut, dia mengatakan alasan pengundurannya atas kemauan sendiri tanpa paksaan dari pihak manapun.

Fatmawati menyebut Misnah hanya bertukar tempat jabatan yang lalu dengan Faisal. Menurutnya hal tersebut, hanya perbedaan prinsip. Namun, kata dia mereka tetap solid. (*)

Komentar