oleh

Tenaga Ahli dan Konsultan Beri Kuliah Umum Literasi Perdagangan di Unifa

Editor : Ashar Abdullah, Penulis : Hikmah-Edukasi, Kampus-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Tenaga Ahli Bidang Implementasi Hasil Perjanjian Perdagangan Internasional, Chairil Burhan dan Tenaga Ahli Bidang Akses Pembiayaan dan Prosedur Ekspor, Muhammad Sabranjamil Alhaqqi, Konsultan Free Trade Agreement (FTA) Center memberikan Kuliah Umum di Universitas Fajar (Unifa).

Mengambil tema tentang Literasi Perdangagan Internasional, kuliah Umum ini diikuti oleh mahasiswa Unifa dan berlangsung di ballroom Unifa.

Rektor Unifa, Dr. Muliyadi Hamid, SE., M.Si dalam sambutannya berharap kuliah umum ini merupakan langkah awal, dan berharap dilanjutkan nanti bukan lagi dalam bentuk kuliah umum.

“Mungkin dalam bentuk tutorial, simulasi-simulasi ekspor-impor perdangangan internasional. Kami berharap bisa dilaksanakan di Unifa”, ungkapnya.

Chairil Burhan disela-sela kuliah umum terkait dengan perdagangan internasional menjelaskan bahwa sistem perdangangan di Indonesia khususnya di Sulsel sudah mulai berbenah dari segi ekspor dan impor.

“Dinamika perdagangan yang terjadi sudah bagus untuk ekspor dan impor apalagi sudah ada pengembangan pelabuhan peti kemas yang baru”, terangnya.

Sementara itu Muhammad Sabranjamil Alhaqqi menjelaskan tentang prosedur ekspor secara umum. “Saat ini kemudahan ekspor dari pemprov Sulsel sudah sangat mudah dari segi logistik dan inovasi. Harapannya tentu tumbuh ekspor sulsel semakin tinggi hingga membantu mengurangi trade defisit Indonesia”, imbuhnya.

“hambatannya pelaku usaha yang kami lihat adalah bagaimana mereka mengetahui dan awam terhadap standar mutu internasional bagi prodaknya. Dan bagaimana mereka bisa berkompetisi terhadap prodak-prodak serupa dari negara lainnya”, tutupnya.

Turut hadir dalam dalam kegiatan ini Rektor, Dr. Muliyadi Hamid, SE., M.Si, Dekan Fakultas Ekonomi dan Ilmu-Ilmu Sosial, Hj. Yusmanizar, S.Sos., M.I.Kom, Ketua Prodi Manajemen, Dr. Abdul Majid, SD., ME, dan dosen Unifa. (*)

Komentar