oleh

SPMI SDN Bontomanai Unggulan Gowa Terbaik di Sulsel

Editor : Lukman Maddu-Gowa-

GOWA, BACAPESAN.COM – Sekolah Dasar Negeri (SDN) Bontomanai Unggulan Kecamatan Bontomarannu, Kabupaten Gowa berhasil meraih juara I pada lomba sekolah model implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) tahun 2019, yang digelar Dinas Pendidikan Provinsi Sulsel di Soroako, Kabupaten Luwu Timur pada 24-28 November 2019 kemarin.

Atas capaian itu, Kadis Pendidikan Kabupaten Gowa, Dr Salam mengaku bangga dengan prestasi yang diraih SDN Bontomanai Unggulan di ajang SPMI tingkat Sulsel di Soroako tersebut.

“Apa yang diraih salah satu SD kita di Gowa (SDN Bontomanai Unggulan) ini patut disyukuri dan menjadi satu kebanggaan dan nilai tambah dalam upaya Gowa menuju kabupaten pendidikan,” ungkapnya.

Adapun indikator penilaian pada lomba yang membuat SDN Bontomarannu ini terbaik pertama, yakni mengenai siklus penjaminan mutu yang dilakukan di sekolah seperti analisis rapor mutu, memvalidasi hasil analisis rapor mutu, mengkaji 8 SNP (standar nasional pendidikan) pemetaan mutu, perencanaan implementasi pemenuhan mutu dan seterusnya yang dikenal dengan siklus penjaminan mutu sekolah.

“Semoga capaian ini mampu memotivasi dan menular ke sekolah-sekolah lainnya yang ada di Kabupaten Gowa untuk meraih prestasi sebanyak-banyaknya di bidang pendidikan untuk Giwa menuju kabupaten pendidikan,” kata Dr Salam.

Sementara itu, Kepala SDN Bontomanai Unggulan,Dahlia saat dimintai tanggapannya terkait prestasi yang diraih sekolahnya mengungkapkan rasa syukurnya atas prestasi yang dotorehkan sekolahnya

”Alhamdulillah sekolah kami menjadi juara 1 SPMI. Prestasi ini berkat adanya kerjasama yang baik dilakukan oleh teman-teman guru, tenaga kependidikan, siswa, orangtua siswa, komite sekolah, pengawas bina dan Fasda yang selalu membimbing kami di sekolah. Fasda ini membimbing tentang pelaksanaan penjaminan mutu sekolah,” kata Dahlia.

Olehnya dirinya berharap, dengan adanya capaian ini para guru dan stakeholder mampu mempertahankan bahkan meningkatkan kegiatan SPMI di sekolah.

”Tentunya kami berharap guru dan stakeholder bisa terus menjalin kerjasama untuk meningkatkan SPMI kita,” harapnya

Sekadar diketahui SPMI merupakan sistem penjaminan mutu yang berjalan di dalam satuan pendidikan dan dijalankan oleh seluruh komponen dalam satuan pendidikan yang mencakup seluruh aspek penyelenggaraan pendidikan dengan memanfaatkan berbagai sumberdaya untuk mencapai standar nasional pendidikan.

SPMI melibatkan semua warga sekolah, dari kepala sekolah, guru, TU, komite sekolah dan stakeholder sekolah yang lain. Keseluruhan komponen tersebut bersama sama memikirkan dan melaksanakan proses penjaminan mutu agar bisa terlaksana dengan maksimal. (*)

Komentar