oleh

Pemkab Gowa Siapkan Lahan 1.3 Ha untuk Bangun Rumah Tahfidz

Editor : Ashar Abdullah-Daerah, Gowa-

GOWA, BACAPESAN.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa mengagas pada 2020 mendatang sebagai tahun keagamaan. Berbagai program pun akan dicanangkan dalam rangka mendorong target tersebut.

Salah satunya melalui pembangunan Rumah Hafidz sebagai wadah dalam mencetak generasi pencinta Alquran. Pembangunan Rumah Hafidz Pemkab Gowa ini akan dibangun di atas lahan sekitar 13.158 meter persegi (m2) yang merupakan bekas kantor Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Gowa yang berlokasi di Jalan Poros Limbung – Takalar, KM 12, Kelurahan Mata Alo, Kecamatan Bajeng.

Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan mengatakan, Pemkab Gowa pada tahap awal akan mengalokasikan anggaran pembangunan sekitar Rp8 miliar melalui APBD 2020.

“Rumah Tahfidz yang kita bangun ini tentunya akan kami siapkan sarana prasarana yang memadai. Semoga rencana dan niat baik kita ini mendapat dukungan dari seluruh pihak sehingga seluruh perencanaannya dapat berjalan sesuai yang diharapkan,” katanya saat melakukan peninjauan lokasi pembangunan, belum lama ini.

Menurutnya, Rumah Tahfidz Pemkab Gowa ini juga akan mendukung program 1 Desa/1 Hafidz yang digagas pemerintah daerah bekerjasama Quantum Akhyar Institut yang dipimpin Ustad Adi Hidayat, Lc. Tak hanya itu juga sebagai tempat pembinaan untuk pendidikan hafidz bagi guru agama dilingkup sekolah dasar dan sekolah menengah pertama, serta seluruh imam desa, kelurahan, dusun dan lingkungan.

“Kami menargetkan tahun mendatang 842 imam baik imam desa, lingkungan dan kelurahan bisa menjadi imam yang hafidz Alquran,” ujarnya.

Bupati Adnan mengungkapkan, dicanangkannya program keagamaan tersebut adalah komitmen dan konsistensi pemerintah daerah terhadap pembinaan mental spiritual dan akhlakul karimah masyarakat hingga generasi di masa-masa akan datang.

“Kami mohon dukungan dari seluruh masyarakat,mitra dan stakeholder agar program pemerintah yang akan lebih fokus pada program-program keagamaan dapat berjalan dengan baik,” katanya.

Sementara, Kepala Dinas Pengerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Gowa H. Mendoap mengatakan, Rumah Tahfidz Pemkab Gowa ini akan dilengkapi dengan asrama putra, asrama putri, dapur, ruang makan, dan ruang belajar.

“Kami akan desain ruang belajar dengan konsep yang menyenangkan. Begitu pun pada ruangan lainnya,” katanya.

Tak hanya itu, para santri nantinya juga dapat berolahraga dan bercocok tanam karena akan disiapkan lapangan olahraga dan sarana olahraga lainnya, dan wilayah kebun. Termasuk pula ruang guru dan sekretariat, masjid, ruang aula untuk tempat pertemuan.

“Kita juga akan menyiapkan lahan parkir yang memadai serta taman membaca sebagai tempat menghafal para santri nantinya. Jadi selain mereka belajar di dalam ruangan kita juga menyiapkan sarana belajar di luar kelas,” ujarnya. (*)

Komentar