oleh

Penerimaan Pajak Hiburan Tak Capai Target

Editor : Any Ramadhani, Penulis : Ratih-Metro-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM — Realisasi penerimaan pajak hiburan Pemkot Makassar yang dikelola Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Makassar, hingga Triwulan ke-IV berjalan, masih sangat jauh dari target realisasi penerimaan 2019.

Realisasi penerimaan pajak hiburan Pemkot Makassar, hingga triwulan ke-IV berjalan 2019, defisit hingga Rp40,1 miliar atau sekitar 52,2 persen, dari target Rp77 miliar. Hinggal awal Desember 2019, realisasi penerimaan pajak hiburan, baru mencapai 47,8 persen atau baru pada angka Rp36,8 miliar dari target yang ditetapkan.

Dari target yang di tetapkan sebesar Rp77 miliar, Bapenda baru berhasil menerima sebesar Rp36,8 miliar, atau sekitar 47,8 persen. Sehingga, Pemkot Makassar defisit Rp40,1 miliar atau sekitar 52,2 persen dari target yang ada.

Kepala Bidang Hotel dan Hiburan Bapenda Kota Makassar, Husni Mubarak, mengatakan, rendahnya capaianpenerimaan pajak hiburan dikarenakan banyaknya objek pajak yang ditutup, kemudian, ditambah dengan penetapan target yang diberikan terlampau tinggi, sehingga menurut dia, tidak relevan jika harus dibandingkan dengan tren pembayaran pajak hiburan saat ini, Rabu (4/12/2019).

“Kalau kita melihat realisasai yang ada sekarang dengan tren penerimaan setiap bulan sampai akhir tahun itu mentok di angka Rp40 miliar,” ujar Husni.

Husni menambahkan, dengan program optimalisasi pendapatan melalui sistem online, yang dilakukan oleh Korsupgah KPK, pihaknya optimistis, hingga akhir tahun ini dapat meningkatkan pendapatan pajak hiburan hingga 60 persen atau sekitar Rp40 miliar.

“Sampai akhir tahun itu mungkin mentok di angka 40 miliar,” singkat Husni. (*)

Komentar