oleh

Peringati Hari AIDS Sedunia, Dinkes dan RSUD Enrekang Lakukan Sosialisas

Editor : Admin, Penulis : Qurniawan-Daerah, Enrekang, Kesehatan-

ENREKANG, BACAPESAN.COM – Dalam memperingati Hari AIDS Sedunia, Dinas Kesehatan (Dinkes) dan RSUD Maserenpulu, menggelar sosialisasi dan pemeriksaan status HIV, di Aula Kampus 2 STKIP Muhammadiyah Enrekang, Rabu, (04/12/2019).

Adapun sasaran sosialisasi tersebut yakni, mahasiswa dan dosen dalam lingkup STKIP Muhammadiyah Enrekang. Menurut perwakilan dari Dinkes, Azhar Nur mengatakan, di Kecamatan Enrekang ada empat orang yang positif terjangkit virus HIV/AIDS.

“Total untuk seluruh wilayah di Kabupaten Enrekang yang telah memeriksakan diri dan positif terkena HIV/AIDS sebanyak rincian sebagai berikut, Kecamatan Enrekang empat orang, Kecamatan Anggeraja lima sampai enam orang, Kecamatan Masalle satu orang,” jelasnya.

Azhar menyebut, tiap tahun kasus HIV terus meningkat, rata-rata di bawah oleh para perantau yang kembali ke Enrekang, dan kebanyakan penderita merantau di kota besar.

Selain itu, perwakilan dari RSUD Maserenpulu, Rudi menjelaskan, HIV adalah virus berukuran mikro atau kecil dan bisa menghacurkan antibody sehingga dapat merusak sistem kekebalan tubuh. Kata dia, HIV menular melalui suntikan, air susu ibu, dan hubungan seksual.(*)

Komentar