oleh

Ada Peluang Timnas Indonesia Juara Grup, Simak Angka-angka Ini

Editor : Ashar Abdullah-Olahraga, Sepakbola-

JAKARTA, BACAPESAN.COM – Timnas Indonesia U-23 memiliki peluang besar ke semifinal, asalkan mampu mengalahkan Laos di laga pamungkas Grup B SEA Games 2019 di Imus Grandstands, Filipina, Kamis (5/12) malam nanti.

Selain itu, masih ada jalan lain bagi Indonesia apabila berharap bisa terus melaju ke semifinal. Apa saja langkah tersebut?

Saingan Indonesia saat ini bukan hanya Thailand, tetapi Vietnam juga bisa saja bersaing di dalamnya. Namun peluang Vietnam tidak lolos juga bisa besar.

Alasannya, seperti yang dijelaskan Indra Sjafri, Pelatih Timnas Indonesia U-23, belum semua tim ada yang aman, harus waspada karena di laga pemungkan apa saja bisa terjadi.

Indonesia kini ada di posisi kedua dengan sembilan poin, sama dengan Thailand. Tim Gajah Perang ada di posisi ketiga karena kalah selisih gol dari Skuad Garuda Muda

Timnas Indonesia punya surplus gol sebelas sedangkan Thailand punya selisih gol surplus sepuliuh. Pada laga terakhir, Indonesia akan menghadapi Laos, sedangkan Thailand akan bertemu pemuncak klasemen Vietnam yang ada sudah mengantongi 12 poin dengan surplus 13 gol.

Nah, dengan aturan penentuan posisi tiap tim yang memiliki poin sama menggunakan selisih gol, maka laga ini menjadi menarik.

Anggap saja, Indonesia nanti menang dengan skor 2-0, karena skor ini paling aman bagi Indonesia untuk lolos. Maka, Thailand dan Vietnam bisa saling hajar. Vietnam kalau ingin lolos, harus imbang atau tidak kalah lebih dari 0-1 atas Thailand.

Perhitungannya, saat Indonesia menang 2-0 atas Laos, maka otomatis selisih gol menjadi surplus 13 gol dan poin Indonesia menjadi 12 angka. Jika itu terjadi, maka Indonesia tinggal menunggu kemungkinan ini:

1. Vietnam menang dari Thailand, maka poin Vietnam jadi 12 dan Thailand sembilan poin, Indonesia otomatis lolos.

2. Vietnam imbang dengan Thailand, poin Vietnam menjadi 13 dan Thailand hanya 10, otomatis Vietnam dan Indonesia lolos.

3. Thailand menang 1-0 atas Vietnam, maka Vietnam poinnya 12 tapi surplus gol tinggal 12. Sementara Thailand juga 12 poin dengan surplus golnya sebelas. Kalau ini terjadi, yang lolos Indonesia dan Vietnam, tapi Indonesia yang jadi juara grup.

4. Thailand menang 2-0, otomatis Thailand lolos, dengan poin sama dengan Vietnam, namun Thailand surplus 12 gol. Sementara, skenario itu bisa membawa Vietnam tersungkur karena hanya memiliki surplus sebelas gol. Artinya, Indonesia jadi juara grup, sementara Thailand lolos sebagai runner up.

Hasil pertandingan yang tak boleh terjadi:

1. Indonesia imbang lawan Laos
2. Indonesia takluk dari Laos
3. Indonesia hanya menang 1-0 atas Laos
(dkk/jpnn)

Komentar