oleh

Tahun Depan, Ijin Minol Dipindahkan ke Disdag Makassar

Editor : Ashar Abdullah, Penulis : Ratih-Ekobis, Metro, Pemerintahan-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM — Januari 2020 mendatang, target minuman beralkohol (minol) akan di pindahkan ke Dinas Perdagangan (Disdag).

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PM-PTSP) Kota Makassar Andi Bukti Djufri, mengatakan, jika ijin minol di tangani oleh Dinas Perdagangan (Disdag), tentu retribusi untuk minuman akan maksimal pendapatannya. Sebab, kata Bukti, Disdag mempunyai bidang pengawasan.

“Perjanuari 2020, target minuman beralkohol sudah di pindahkan ke dinas perdagangan. Artinya tentu reatribusi untuk minum ini akan maksimal pemdapatannya di dinas perdagangan. Karena di dinas perdagangan ini mempunyai bidang pengawasan. Kalau kita disinikan administrasi perijinan,” ungkapnya, Kamis (5/12/2019).

Menurutnya, PM-PTSP sekarang ini lebih fokus pada pelayanan, administrasi perizinan, yang cepat, tepat, akurat, transparan, dan akuntebel yang bisa di pertanggung jawabkan. Sehingga target itu, di limpahkan ke dinas teknis.

“Jadi PTSP fokus pada pelayanan bagaimana memberikan pelayanan yang tepat, cepat, akurat, yang transparan dan akuntebel yang bisa di pertanggung jawabkan. Kita fokus disitu sehingga target itu di limpahkan ke dinas teknis masing-masing,” ucap Bukti.

Untuk PM-PTSP, lanjutnya, tinggal menunggu pemohon yang mendaftarkan ijin minolnya. Untuk pengawasn di lapangan adalah dinas perdagangan. Sebab Disdag harus intens melakukan kunjungan pengawasan ke tempat-tempat yang melakukan penjyalan beralkohol.

“Kalau di PTSP tinggal menunggu pemohon yang mendaftarkan ijin minolnya. Yang harusnya melakukan pengawasan di lapangan itu adalah Dinas Perdagangan. Dia harus intens melakukan kunjungan pengawasan ke tempat-tempat yang melakukan penjualan beralkohol,” jelasnya.

Bukti mengungkapkan bahwa alasan utama pemindahan tugas ini, berdasarkan permendagri 138 pasal 9 bahwasanya Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu, tidak diwajibkan lagi untuk di bebani target.

Pasalnya IMB dilimpahkan ke Dinas Tata Ruang, ijin Trayek dilimpahkan ke Dinas Perhubungan, ijin minol dilimpahkan ke Dinas Perdagangan, ijin lahan kuburan dilimpahkan ke Dinas Tata Ruang, ijin Imta dilimpahkan ke Dinas Ketenagakerjaan. (*)

Komentar