oleh

Tingkatkan Produksi Beras, Pemkab Bone Gandeng John Deere Ke Pelosok

Editor : Ashar Abdullah, Penulis : Hikmah-Bone, Daerah-

BONE, BACAPESAN.COM – Terobosan pertanian dalam penerapannya terus diupayakan berbagai pihak. Tidak hanya di perkotaan, upaya tersebut menyentuh hingga kepelosok desa.

Di Desa Mattirowali, Kecamatan Libureng, Kabupaten Bone misalnya, seluruh stekholder saling bersinergi untuk memajukan kabupaten yang luas lahan persawahannya mencapai 1.200 hektar dan menjadi yang terluas di Sulawesi Selatan.

Meski demikian, menurut Sekertaris Dinas Pertanian Kabupaten Bone, Muhammad Rizal, luas lahan persawahan belum sejalan dengan jumlah produksi gabah pertahunnya di Sulsel.

Hal tersebut menurut Rizal, dipengarui oleh peralatan masyarakat yang masih terbilang kuno dan belum terpapar teknologi.

“Selama ini petani di Desa Mattirowali pada umumnya mengelola persawahan masih menggunakan alat tradisonal atau traktor tangan,” katanya, Rabu (04/12/2019) kemarin.

Untuk itu, lanjut Rizal, Pemkab Bone kemudian mengadakan peralatan berteknologi tinggi Jhon Deere dibawah naungan PT Wahana Inti Karsa.

“Kami menghadirkan sebanyak 15 unit peralatan canggih John Deere untuk membantu petani dan 3 diantaranya ditempatkan Desa Mattirowali ini” ungkapnya

Pengadaan tersebut diharapkan Rizal mampu memendongkrak penghasilan beras Bone. (*)

Komentar