oleh

Sulbar Raih Posisi ke-15 Indeks KUB

Editor : Ashar Abdullah, Penulis : Sudirman-Daerah, Sulbar-

MAMUJU, BACAPESAN.COM – Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), Enny Anggraeni Anwar membuka secara resmi acara Dialog Kebangsaan Antar Umat Beragama di Maleo Town Square (Matos) Mamuju, Kamis (12/12/2019).

Kegiatan yang diselenggarakan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Sulbar mengusung tema “Merawat Indonesia, Merangkai Mozaik Nusantara”.

Enny Anggraeni Anwar mengugkapkan, berdasarkan data dari litbang dan Diklat Kementerian Agama (Kemenag), Sulbar menempati posisi ke-15 dari 16 provinsi yang memiliki skor indeks Kerukunan Umat Bergama (KUB) 2019 di atas rata-rata nasional dengan nilai 74,1 persen.

“Terima kasih kepada FKUB, tentu mempertahankan ini lebih berat daripada mencapainya. Semoga kita dapat mempertahankannnya, kalau bisa lebih jauh di atas rata-rata nasional,” harap Enny.

Selain capaian itu, Sulbar juga meraih penghargaan Harmony Award 2019 dari Kemenag RI. Dimana menurut Enny, hal itu merupakan bukti simbolik dari pemerintah pusat yang telah memberikan penilaian secara objektif terhadap kondisi sosial keagamaan di Sulbar.

Disampaikan, capaian tarsebut merupakan dampak positif dari kontribusi yang telah diberikan FKUB Sulbar selama ini.

“Dengan hadirnya FKUB di daerah ini, terbukti telah memberikan kontribusi positif terhadap upaya merawat kerukunan di Sulbar,” kata Enny.

Ia menambahkan, banyaknya perbedaan baik suku, ras, etnik maupun agama di Sulbar, tentu memiliki sisi positif sekaligus negatif. Dari sisi positif kemajemukan itu berpotensi menjadi wadah perekat atau disebut mozaik nusantara.

“Kita tidak boleh lengah dengan kemajemukan itu, sebab tidak menutup kemungkinan bakal menjadi alat pemicu perpecahan dan konflik sosial,” pungkas Enny. (*)

Komentar