oleh

KPPU Minta Masyarakat Cerdas Sikapi Persaingan Usaha Tak Sehat

Editor : Lukman Maddu, Penulis : Hikmah-Ekobis-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Komisi Pengawasan dan Persaingan Usaha (KPPU) Makassar menggelar sosialisasi dan pembekalan materi hukum persaingan usaha kepada jurnalis dan organisasi masyarakat (Ormas).

Sosialisasi ini diselenggarakan melihat besarnya pangsa persaingan usaha di Sulawesi Selatan sehingga jurnalis dihadapkan perlu memahami dan memperluas wawasan mengenai persaingan usaha.

Komisioner KPPU, Kodrat Wibowo pada sosialisasi tersebut menjelaskan bahwa dalam fungsinya KPPU memeliki peran pengawasan terhadap seluruh pasar usahan.

“Dalam profesi ada dua kutub, ASN dan Saudagar atau pengusaha. ASN diawasi KPK sedangkan pengusaha diawasi oleh KPPU,” paparnya, Jumat (13/12/2019).

Lebih lanjut kata Kodrat, KPPU dibuat dengan tujuan menyejahterakan, efisiensi atau tidak merugikan yg lain dan iklim usaha yg kondusif.

Kedepannya Kodrat berharap masyarakat juga ikut menyikapi persaingan usaha yang tidak sehat.

“Saat ini masyarakat belum sadar, cara menyikapinya adalah tidak memberikan ruang bagi pelaku usaha yang culas, misalnya produk yang jelas jelas mengatur harga jangan menggunakan produknya.” Imbaunya.

Terakhir Kodrat berpesan agar masyarakat segera melaporkan apabila mengalami atau melihat persaingan usaha yang tidak sehat ini.

“Jangan diam jika di zolimi pelaku usaha, mana budaya siri? Laporkan jika banyak maslahatnya bagi masyarakat umum,” tutupnya. (*)

Komentar