oleh

Iqbal Suhaeb Bicara Aspek Hukum Pelayanan Medis di UIT

Editor : Ashar Abdullah, Penulis : Ratih-Edukasi, Kampus, Metro, Pemerintahan-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM — Pj Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb bicara aspek hukum pelayanan medis pada seminar sehari, yang menyusun tema “mewujudkan kesamaan pemahaman terhadap praktek kedokteran yang baik dan benar”, diselenggarakan Fakultas Hukum Universitas Indonesia Timur (UIT), di Hotel Denpasar, Sabtu (14/12/2019).

Dalam seminar ini, UIT juga menggandeng Ikatan Dokter Indonesia (IDI), dan RS Hikmah. Menurut Iqbal, seminar ini adalah suatu gagasan yang baik, membahas aspek hukum dunia kedokteran.

Seminar ini, dihadir Kadis Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan Bachtiar Baso, dan ahli hukum Unhas Amin Ilyas, Kadis Kesehatan Kota Makassar Naisyah Azikin, Ketua IDI Amir Mahmud dan Pimpinan RS Hikmah Suwanto.

Dalam sambutanya, Iqbal mengungkapkan adanya ketidakpuasan masyarakat, akibat dari berbagai macam permintaan pelayanan kesehatan. Sehingga kadang mengakibatkan keracunan dalam pelayanan.

Namun, menurut Iqbal baik buruknya pelayanan, semua kembali kepada kode etik kedokteran itu sendiri.

Iqbal menyebut saat ini, sudah banyak rumah sakit telah diakreditasi yang didalamnya ada proses dan indikator mengenai standar pelayanan kesehatan bagi pasien untuk memperoleh hak-haknya sebagai pasien.

“Kami sangat menyambut baik seminar ini sehingga dapat memajukan kesehatan dan mensejahterakan masyarakat serta menjamin hak – hak mereka sebagai pasien sehingga Makassar bisa memberikan contoh yang baik bagi pelayanan kesehatan,” ujar Iqbal.

Dekan Fakultas Hukum UIT Andi Arfah Patenreng menjelaskan seminar sehari yang dilaksanakan bertujuan menyamakan persepsi sesuai dengan temanya yakni mewujudkan kesamaan pemahaman terhadap praktek kedokteran yang baik dan benar. (*)

Komentar