oleh

4 Jenis Makanan ini Bisa Percepat Penyembuhan DBD

Editor : Ashar Abdullah-Gaya Hidup, Kesehatan-

2. Jambu Biji

Jambu biji sejak lama dipercaya bisa membantu penyembuhan DBD. Peneliti dari Universitas Lampung, Jaya Ndaru Prasetio pada 2015 coba meneliti jambu biji untuk DBD.

Hasilnya, ia menyebut bahwa jambu biji merah mengandung vitamin C, tanin, dan flavonoid yang berfungsi untuk mengobati penyakit DBD dengan cara meningkatkan kekebalan tubuh, menghambat replikasi dari virus dengue, dan meningkatkan kadar trombosit.

Hal sama juga diungkap dr. Dejandra. Fokus dari makan jambu biji adalah untuk meningkatkan trombosit. Seperti diketahui, trombosit pada penderita DBD bisa dalam keadaan di bawah normal.

3. Kurma

Hal ini pernah diteliti pada 2013. Seperti diketahui, buah kurma mengandung zat-zat pembentuk sel-sel darah yaitu vitamin B12, Besi, Kobalt, magnesium, Cu,Zn, asam amino, Vitamin C, dan vitamin B komplek.

Penelitian ini menganalisis efektifitas pemberian jus kurma dalam meningkatkan trombosit pada pasien demam berdarah dengue di RSU Bunda Purwokerto. Hasilnya, pemberian jus kurma efektif dalam peningkatan kadar trombosit darah pasien demam berdarah dengue.

4. Daun Pepaya

Dalam sebuah penelitian, jus daun pepaya dipercaya dapat membantu meningkatkan kadar trombosit pada pasien DBD. Meski penelitian ini masih menjadi perdebatan, beberapa studi memang meningkatkan kemungkinan bahwa perawatan ini bisa menjadi pilihan penting di masa depan.

Itu adalah deretan makanan yang bisa Anda santap untuk membantu mempercepat penyembuhan DBD. Apalagi DBD bukan menyerang pencernaan.

Namun bagi Anda yang terkena DBD sekaligus tifus, memang perlu menghindari makanan pedas, asam, dan berbumbu kompleks.(RPA/AYU/klikdokter)

Komentar