oleh

Ladies, Ini 5 Potensi Bahaya Tisu Toilet bagi Organ Kewanitaan

Editor : Ashar Abdullah-Gaya Hidup, Kesehatan-

3. Infeksi Ragi Vagina (Yeast Infection)

Infeksi ragi vagina adalah infeksi jamur yang menyebabkan iritasi, keputihan, dan gatal-gatal di vagina dan vulva. Nah, bahan kimia yang digunakan sebagai pewangi dalam tisu toilet dapat mengganggu pH alami vagina, sehingga infeksi jamur dapat terjadi.

4. Infeksi Saluran Kemih

Bila Anda mengusapkan tisu toilet ke vulva dengan arah yang salah, infeksi saluran kemih bisa terjadi. Ini karena uretra wanita lebih pendek. Itu sebabnya, bakteri bisa lebih mudah masuk ke kandung kemih dan sebabkan infeksi.

“Usai buang air kecil atau besar maupun saat membersihkan area kewanitaan, basuhlah atau tepuk-tepuk dari arah depan ke belakang, bukan sebaliknya. Ini penting untuk mencegah bakteri dari lubang anus masuk ke dalam vagina,” kata dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter turut menambahkan.

5. Vulva Bengkak

Juga dikatakan oleh Dr. Michael, tak sedikit tisu toilet yang mengandung pewangi, pewarna, dan bahan kimia lainnya yang dapat mengiritasi kulit dan menyebabkan vulva membengkak.

Bila tisu toilet berwarna putih, bisa jadi itu mengandung pemutih. Menggosok vulva terlalu keras pun juga dapat membuat vulva bengkak. Jika Anda mendapati vulva bengkak, cobalah untuk memilih produk tisu toilet yang lebih lembut.(klikdokter)

Komentar