oleh

Siang Ini, Jamah Umrah Dua Ribu Wisata Bertolak ke Mekkah

Editor : Ashar Abdullah, Penulis : Hikmah-Bisnis, Ekobis-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Usai shalat Dzuhur, waktu Madinah, Jamaah umrah PT Dua Ribu Wisata bertolak menuju Mekah dari Madinah, Selasa (17/12),

Umrah adalah salah satu kegiatan ibadah dalam agama Islam. Hampir mirip dengan ibadah haji, ibadah ini dilaksanakan dengan cara melakukan beberapa ritual ibadah di kota suci Mekkah khususnya di Masjidil Haram.

Pada istilah teknis syari’ah, Umrah berarti melaksanakan tawaf di Ka’bah dan sa’i antara Shofa dan Marwah, setelah memakai ihram yang diambil dari miqat. Sering disebut pula dengan haji kecil.

Ustad H Zainuddin Salim mengungkapkan, perbedaan umrah dengan haji adalah pada waktu dan tempat. Umrah dapat dilaksanakan sewaktu-waktu (setiap hari, setiap bulan, setiap tahun) dan hanya di Mekkah, sedangkan haji hanya dapat dilaksanakan pada beberapa waktu antara tanggal 8 Dzulhijjah hingga 12 Dzulhijjah serta dilaksanakan sampai ke luar Kota Mekkah.

Sebelumnya, rombongan di Madinah telah mengunjungi Masjid Quba. Sebuah masjid yang terletak di tepi Kota Madinah, tepatnya 3 km di arah selatan Masjid Nabawi. Masjid Quba adalah masjid pertama yang dibangun oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Selain itu, jamah juga mengunjungi kebun kurma, Jabal Uhud dan perpustakaan.

Sebelumnya, di hari pertama tiba di Madinah, jamaah juga berdoa di Raodah dan ziarah di pekuburan Baqi.

Seperti diketahui, jamah umrah dari travel berpengalaman ini berjumlah 28 Jamaah umrah dan berangkat sejak 12 Desember 2019.

Mereka berangkat dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar menuju Bandara Pangeran Muhammad Bin Abdul Aziz Madinah pukul 06.10 WITA.

Pimpinan Cabang Dua Ribu Wisata Makassar, Ir H Muhammad Sayadi mengungkapkan, program perjalanan nantinya akan berlangsung selama 13 hari. “Jadi, InsyaAllah kembali ke tanah air pada tanggal 24 Desember mendatang,” terangnya.

28 jamah itu terdiri dari 20 perempuan dan 8 laki laki dan didampingi Ustad H Zainuddin Salim.

Manasik umrah telah dilaksanakan di Kabupaten Soppeng pada Minggu, 8 Desember di Hotel Grand Aisyah. “Manasik digelar di Soppeng Lantara jamaah yang berangkat rata rata dari Soppeng,” ujarnya.

Para jamaah menginap di hotel bintang lima yang ada di Mekah, Movenpick Hajar dan di Madinah di Hotel Tabah Tower.

Para jamaah yang ikut program 13 hari ini menginap empat hari di Hotel Concorde Taibah, Madinah dan di Hotel Movenpick Hajar selama enam hari di Mekah. (*)

Komentar