oleh

8 Cara Gunakan Kopi Agar Kulit Tampak Sehat Bersinar

Editor : Ashar Abdullah-Gaya Hidup, Kesehatan-

BACAPESAN.COM – Kaum hawa rela merogoh uang untuk merawat kulitnya menggunakan produk kecantikan atau pergi ke dokter kulit. Sebelum melakukan hal itu, ternyata bahan-bahan alami yang ada di dekat dengan kita bisa dimanfaatkan untuk perawatan kulit dan kecantikan. Salah satunya kopi.

Dunia kecantikan kini sudah menggunakan kopi sebagai kandungan utamanya. Coba saja lihat di pasaran produk masker wajah atau masker rambut dari kopi. Parfum hingga aroma lipstik juga tersedia aroma kopi.

Dilansir dari Style Caster, Kamis (19/12), berbagai cara merawat kecantikan bisa dilakukan di rumah dengan menggunakan kopi. Macam-macam fungsinya, dari mulai melembutkan, mencerahkan hingga mengangkat sel kulit mati.

1. Hilangkan Mata Panda dan Bengkak

Kurang tidur bisa membuat mata seseorang seperti mata panda dengan lingkaran hitam. Tak hanya itu, kadang bengkak di area mata juga tak bisa dihindari. Direktur Pendidikan di The Woodhouse Day Spa, Lynda Torrey, merekomendasikan ampas kopi agar dingin sebelum dioleskan ke area bawah mata dan kelopak mata. Biarkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air dingin.

2. Minimalkan Selulit

Selulit adalah sesuatu lemak yang harus diperjuangkan untuk dihilangkan. Lulur kopi bisa sangat membantu dalam meminimalkan selulit. Sebab pengelupasan kulit dan pijatan bekerja bersama untuk membantu merangsang aliran darah dan mengencangkan kulit.

3. Pewarnaan Rambut

Pakar kecantikan, Bryce Gruber dari The Luxury Spotmixes menjelaskan 1 atau 2 sendok teh kopi bubuk bisa menjadi kondisioner dan membiarkannya menempel untuk mempercantik warna rambut.

4. Pengelupasan

Ampas kopi adalah konsistensi yang sempurna untuk exfoliator. Selain itu, biji kopi mengandung asam caffeic, yang meningkatkan produksi kolagen.

5. Kulit Cerah

Campurkan dua sendok makan yogurt tawar organik dengan satu sendok kopi bubuk dan oleskan ke wajah. Biarkan campuran inu selama 15 menit, lalu bilas. Kafein dalam kopi menstimulasi sirkulasi, yang menyebabkan kulit lebih bercahaya.

6. Sehatkan Kulit Kepala

Seperti halnya dengan wajah dan tubuh, pengelupasan kulit kepala adalah kunci untuk menghilangkan penumpukan dan sel-sel kulit mati. Oleskan 1/3 cangkir kopi bubuk ke kulit kepala yang basah, pijat dengan gerakan memutar selama 60 detik dan kemudian bilas dengan kondisioner

7. Peremajaan Kulit

Kopi bisa meremajakan kulit dan meningkatkan sirkulasi darah ke wajah untuk kulit yang lebih cerah dan sehat. .

8. Tenangkan Kaki

Carolyn Doe, direktur spa di The Umstead Hotel dan Spa, menyiapkan resep scrub kelapa dan kopi untuk membuat kaki yang lelah bisa lebih rileks di rumah. Perpaduan kopi yang kaya antioksidan dan minyak kelapa memberi kelembaban membuat kombinasi sempurna.

Siapkan satu cangkir minyak kelapa murni, 1/2 cangkir kopi bubuk, dan 1 sendok teh ekstrak vanili yang dicampur bersama. Siapkan satu bak air sabun, lalu rendam kaki selama 10 menit. Saat berendam, oleskan satu sendok teh scrub ini ke kaki dalam gerakan memutar untuk mengelupas kulit mati. Bilas kaki dengan air hangat. (JPC)

Komentar