oleh

DPR Minta Lanjutkan Pembangunan Stadion Barombong

Lukman Maddu-Headline, Metro-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Nasib Stadion Barombong yang tak kunjung jelas mendapat perhatian dari Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI. Para wakil rakyat di Senayan akan berusaha memperjuangkan nasib stadion itu agar mendapat anggaran dari pusat tahun depan sehingga pembangunan bisa kembali dilanjutkan.

Hal itu diungkapkan Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Syarif Abdullah saat berkunjung di Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Jalan Sungai Tangka, Rabu (18/12).

Menurutnya, Sulsel sangat memerlukan banyak fasilitas olahraga, termasuk melanjutkan Stadion Barombong dan Stadion Mattoangin. Itu dilihat dari perjuangan atlet terdahulu yang mampu membanggakan negara.

“Meski ini di Komisi 10, tapi kami bisa juga alokasikan DAK karena memang sepakbola Sulsel termasuk legendaris. Ini harus menjadi tanggung jawab bersama. DAK harus perlu diperjuangkan dalam pembahasan Banggar,” ujar Syarif.

Gubernur NA masih mempertanyakan keberlanjutan proyek yang dibangun pada pemerintahan Gubernur Sulsel sebelumnya itu. Banyak hal yang menjadi kendala bagi NA meski audit fisik tak menemukan masalah besar.

Bukan lagi masalah pengerjaan fisiknya, namun kata NA kembali mempermasalahkan akses jalan hingga alas hak dari GMTD yang tidak bersifat hibah lahan.

“Kelanjutan pembangunan Stadion Barombong itu bukan soal masalah hasil audit, tapi juga akses jalan ke sana,” kata NA.

Sementara untuk penyerahan alas haknya. NA menyebut karena pihak Gowa Makassar Tourism Development (GMTD) hanya menyerahkan aset lahan hanya sebagai fasilitas umum (fasum), bukan dalam bentuk hibah lahan.

“Yang kedua GMTD harus menyerahkan bukan sebagai fasum, kemarinkan dia mau serahkan sebagai fasum, harus di hibah dong, fasum tidak dibisa karena itu akan di bangun stadion,” pungkasnya.

Sebelumnya, Nurdin Abdullah tak memasukkan anggaran untuk proyek Stadion Barombong dalam APBD 2020. (Al Amin)

Komentar