oleh

Poltekpar Gelar FGD dan Pelatihan Pengelolaan Hotel di Era Digital

Editor : Ashar Abdullah, Penulis : Hikmah-Edukasi, Kampus-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Politeknik Pariwisata Makassar (Poltekpar) mengadakan FGD & Pelatihan Pengelolaan Hotel di Era Digital di Hotel Swiss-Belrecidences, Kalibata Jakarta.

Kegiatan ini merupakan program pengembangan kapasitas dosen sebagai salah satu upaya yang ditempuh adalah mengirim dosen ke industri pariwisata, khususnya hotel.

Adapun materi yang dibahas pada kegiatan ini mengenai human resources, cost and finance controlling, dan sales and marketing. Ketiga topik/materi dibawakan oleh masing-masing department head terkait, HRM Pepen Gustmiaji, Finance Controller, Sales & Marketting Director Ega Dwikaputri.

Metode pelatihan dilakukan dengan role play, FGD, panel antarpemateri, simulasi dan visit on the spot. Di ruang diskusi juga dilakukan praktik langsung dengan sistem yang mereka gunakan, yaitu Power Pro Hotel System. Sistemnya ini menjamin akuntabilitas dan konektivitas antardepartmen yang ada di hotel. Seluruh proses MICE atau banquet order disimulasikan, baik berasal dari sales maupun dari reservasi yang masuk.

Kegiatan ini didukung penuh manajemen Swiss-Belresidences, Kalibata, Jakarta. Dalam seremoni pembukaan seluruh jajaran manajemen hotel hadir, mulai GM (Wita Junifah) sampai head department. Mereka bukan hanya hadir, GM nya banyak berbagi pengalaman dalam mengelola hotelnya.

“Kegiatan ini diikuti oleh lima belas dosen atau pengajar Poltekpar Makassar. Pelaksanaan industrial visit dan FGD/sharing dengan praktisi perhotelan yang berlangsung selama 3 hari yakni tanggal 17-19 Desember 2019,” kata Direktur Poltekpar Makassar Drs. Muhammad Arifin, M. Pd yang ditemui Kamis (19/12/2019).

Lebih jauh kata Arifin, mereka yang hadir dan memberikan pengatuan serta mepangalamannya adalah General Manager Swiss-Belresidences Wita Junifah, Director of Sales & Marketting Ega Dwika Putri, Finance Controller Dede Fahruroji, HRM Pepen Gustamaji, Exec. Housekeeer Bayu Chandra, FOM Priantono Aries, FBM Joni Sadaka, Exec. Chief Eng Arnoldus Umbu, dan Exec. Chef Troy DM). “Semua hadir dan membagi pengalamannya,” tutupnya.

Komentar