oleh

Erna Rasyid Taufan Sulap Kulit Kerang Jadi Aksesoris Bernilai Tinggi, Harganya Tembus Jutaan

Editor : Ashar Abdullah-Daerah, Gaya Hidup, Parepare-

PAREPARE, BACAPESAN.COM — Kulit kerang itu kini sudah sangat indah dipandang mata. Menatapnya, bahkan ingin serasa memilikinya.

Kalau dulunya kulit kerang itu hanya dilihat sampah dilirik pun tak pernah maka kali ini tidak lagi. Bahkan, jika ingin memilikinya harus ditebus dengan harga tinggi.

Alasannya sederhana, karena benda imut itu tidak lagi menjadi limbah dan berceceran di mana-mana. Benda imut itu kini sudah menjelma menjadi sesuatu yang sangat berharga.

Bila dijual harganya bisa jutaan rupiah. Yah, di kisaran antara Rp1,5 juta ke atas. Bisa bikin sejahtera.

Apalagi kulit kerang itu sudah sangat padu dan melekat kukuh dengan gagahnya pada Baju Bodo yang diperlihatkan perempuan tangguh itu. Benda imut itu kini indah berpadu dengan kulit kerang lainnya.

Bahkan tak hanya Baju Bodo yang cocok. Gamis atau baju muslim pun bisa. Sisa mencari kulit kerang yang kiranya bagus dan memang berkualitas agar tampak serasi.

Erna Rasyid Taufan nama sosok perempuan yang sudah menyulap limbah kulit kerang itu menjadi sangat berguna. Bernilai ekonomis dan bisa dipadukan dengan pakaian manapun.

Dialah tokoh perempuan yang memperlihatkan bagaimana limbah kulit kerang itu bisa disulap sedemikian rupa sehingga tak lagi diinjak kaki sana sini. Dibentuk dan diukir agar betul-betul berdaya guna.

Khususnya di Parepar usaha mengolah kulit kerang ini sangatlah potensial sebab daerah ini dikenal kaya dengan sumber daya lautnya. Utamanya kerangnya. Sangat melimpah.

Dan Erna sadar betul akan potensi ini yang jika limbah diolah dengan baikbisa sangat bernilai ekonomis. Bahkan bisa memberikan penghasilan tambahan. Sisa mau atau tidaknya dikerjakan.

Yah, contohnya pada Baju Bodo dan Gamis yang ia tunjukkan saat penulis menemuinya di Rujab Wali Kota Parepare, Rabu, 18 Desember ini. Ide ini murni dari kreasinya sendiri.

Tetapi, tentunya tidak semua kerang bisa dimodif begitu saja. Kata perempuan yang juga istri Wali Kota Parepare, Taufan Pawe ini harus dipilah dulu. Dilihat dulu mana yang memang bisa dipakai dan bertahan lama.

Ada berbagai pertimbangan. Misalnya karena tak semua kulit kerang punya model yang sama atau tak semua kulit kerang punya kualitas ketahanan yang baik. Jadi memang baiknya dipilah dulu.

“Kalau sudah dipilah, kita bisa bersihkan. Terus pilih yang mana kiranya menurut kita padu dengan kainnya. Yah, seperti baju ini,” ujarnya, sembari memperlihatkan sepasang Baju Bodo pria wanita yang sudah jadi itu.

Tetapi, tak sekadar dibersihkan. Tetapi harus pula dilihat teksturnya. Apakah mesti diukir agar bentuknya tampak atau tidak. Yah, pastinya butuh kejelian pula di sini.

Komentar