oleh

Tips Jitu Memilih Daycare untuk si Buah Hati

Editor : Ashar Abdullah-Gaya Hidup, Kesehatan-

JAKARTA, BACAPESAN.COM – Daycare atau tempat penitipan anak menjadi solusi bagi orang tua milenial yang sibuk bekerja. Menjawab kebutuhan tersebut, banyak pebisnis yang membuka daycare.

Meski begitu, tak semua daycare di sekitar kita cocok dijadikan lembaga yang turut mengawal tumbuh kembang anak di tahun emasnya. Perlu kecermatan khusus agar kita dapat mengenal daycare yang bagus untuk anak.

Pemerhati anak Crissinda Sutadisastra mengatakan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan para orang tua saat memilih daycare.

“Cari tahu, berapa lama daycare tersebut didirikan, jumlah alumninya, siswanya berapa banyak,” kata Crissinda Sutadisastra, Minggu (22/12/2019).

Kata Crissinda, daycare yang bagus dapat menjelaskan kurikulum apa saja yang dijadikan acuan dalam mendidik anak-anak. Selain itu, penerapannya pun juga harus sesuai dengan karakteristik anak yang ‘unik’.

Menurut Crissinda, pemerintah Indonesia memiliki acuan yang dinamakan Petunjuk Teknik Penyelenggaraan Tempat Penitipan Anak. Di sana tersedia informasi bagi orang tua dan pendidik agar dapat menjalankan daycare yang baik sesuai standar yang ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Kurikulum yang diterapkan haruslah yang dapat menstimulasi tumbuh kembang anak. Perhatikan apakah daycare tersebut memiliki sensory play, mengajarkan kemampuan bahasa, kinestetik, interaksi sosial pada sesamanya, maupun life skill seperti potty training, makan sendiri, dan sebagainya.

Hal yang terpenting diperhatikan juga adalah tentang staf pengajarnya. Apakah pekerjaan para pengajarnya sesuai dengan tingkat pendidikan maupun kemampuan khusus yang dimilikinya.

“Daycare yang bagus haruslah memiliki fasilitas belajar yang benar-benar diperlukan untuk menunjang proses belajar mengajar anak dan bersih, terbebas dari kuman,” ucapnya.

Selain itu, makanan yang disajikan harus sehat. Jangan sampai daycare justru membuat pola makan anak Anda tidak sehat sehingga alami obesitas.

Komentar