oleh

Pj Wali Kota Ancam Tutup Hotel Mercure

Editor : Lukman Maddu-Headline, Metro-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar berjanji bakal menutup Hotel Mercure. Alasannya, aktivitas perhotelan disinyalir tanpa mengantongi izin usaha. Belum lagi, Izin Mendirikan Bangunan (IMB) yang dimilikinya tidak sesuai peruntukkan.

Penjabat (Pj) Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb menyampaikan, pihaknya akan memeriksa terlebih dahulu administrasi yang dimiliki hotel berlokasi di Jalan AP Pettarani tersebut. Jika terbukti melanggar, pihaknya akan menutup usaha tersebut.

“Nanti kita cek, kalau tidak ada izinnya yah harus ditutup karena itu tidak boleh,” jelas Iqbal Suhaeb, Minggu (22/12).

Dijelaskan Iqbal, seharusnya sebelum beroperasi atau melakukan aktivitas setiap tempat usaha wajib memiliki izin. Sebab itu merupakan syarat administrasi yang mesti dipenuhi oleh pengusaha. “Harus ada izinnya tidak boleh tidak, dan jika tidak ada (izin) itu melanggar,” ujarnya.

Sementara, Kepala Dinas Tata Ruang dan Bangunan (DTRB) Kota Makassar, Ahmad Kafrawi menegaskan akan menyegel tempat usaha tersebut jika sampai batas waktu yang ditentukan tidak melengkapi syarat administrasi untuk bisa beroperasi.

“Kalau dia (Hotel Mercure) tidak bersedia mempersiapkan segala persyaratan baru kita segel,” ucap Ahmad Kafrawi.

Sambung Ahmad—sapaan akrabnya, pihaknya juga mengaku belum mengambil langkah tegas dengan memanggil managemen hotel lantaran masih menunggu kebijakan DPRD Kota Makassar. Sebab, DPRD telah meninjau adanya dugaan pelanggaran yang dilakukan managemen hotel.

“Kita tunggu kebijakan dewan seperti apa, kalau memang harus ditegur (ditindak) yang pertama perlu dilihat itu izin usahanya, karena kalau IMB-nya ada cuma alihfungsi. Izin usaha ini nanti kita bekukan sampai dia mengurus semua kelengkapan administrasinya,” ucapnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PM-PTSP) Kota Makassar, Andi Bukti Djufri tidak menampik soal tidak adanya izin usaha yang dikantongi managemen Hotel Mercure.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, izin usaha yang diperoleh Hotel Mercure yakni Online Submission System (OSS). Meski begitu, kata Bukti, izin tersebut baru bisa dilegalkan ketika manajemen mengurus izin usaha di pemerintah daerah.

Komentar