oleh

8 Herbal Alami untuk Mengatasi Radang Tenggorokan

Editor : Ashar Abdullah-Gaya Hidup, Kesehatan-

BACAPESAN.COM – Selain batuk pilek, di musim hujan saat ini, radang tenggorokan juga kerap dialami banyak orang. Alhasil, tak sedikit yang mencari-cari obat alami untuk radang tenggorokan yang dialami. Pasalnya, kondisi ini bisa menyebabkan beberapa gangguan.

Misalnya, rasa nyeri saat menelan, demam, pembesaran kelenjar getah bening di leher, bercak kemerahan di langit-langit mulut, serta pembesaran amandel. Untuk mengatasi hal-hal ini, Anda bisa terlebih dahulu memanfaatkan beberapa bahan herbal, yaitu:

1. Madu

Madu memiliki efek antibakteri dan anti virus. Menurut studi yang dipublikasikan di Archives of Medical Research pada 2014, madu—dalam hal ini madu manuka—terbukti dapat menghambat replikasi virus influenza dan mempercepat penyembuhan infeksi.

Pada penelitian yang dipublikasikan di Journal of Agricultural and Food Chemistry, disebutkan juga bahwa pemberian madu, baik dikonsumsi langsung atau dicampurkan pada minuman, terbukti efektif dalam mengurangi produksi lendir sekaligus mengurangi gejala batuk.

2. Lemon

Menurut dr. Valda Garcia dari KlikDokter, sifat asam dari lemon dipercaya dapat mengurangi bengkak pada tenggorokan dan menghambat pertumbuhan virus maupun bakteri penyebab radang tenggorokan. Apabila dicampur dengan madu, maka tenggorokan akan terlapisi dan penyakit tersebut akan lebih cepat sembuh.

3. Cuka apel

“Sama seperti lemon, cuka apel memiliki sifat asam. Rasa asam pada cuka apel dapat menghambat pertumbuhan bakteri dan mencegah radang tenggorokan semakin parah,” jelas dr. Valda.

4. Teh

Ada beberapa teh herbal yang dapat digunakan untuk meredakan radang tenggorokan, yaitu teh hijau dan teh peppermint. Bila Anda tak suka dengan aroma menyengat dari peppermint, Anda dapat mengonsumsi teh kamomil.

Sebab, teh bunga tersebut dapat bertindak sebagai “pelumas” pada tenggorokan. Alhasil, suara serak dan masalah sulit menelan pun bisa cepat selesai.

5. Jahe dan kencur

Jahe maupun kencur memiliki efek anti-peradangan sehingga bisa mengurangi nyeri akibat radang tenggorokan. Untuk jahe, biasanya herbal tersebut diolah menjadi wedang jahe atau teh jahe. Adapun kencur dapat langsung dikonsumsi setelah dikupas dan dipotong, atau dibuat menjadi segelas jamu.

Komentar