oleh

Barru Kini Miliki SMP Pesantren Khusus Anak Yatim

Editor : Lukman Maddu-Barru-

BARRU, BACAPESAN.COM – Keinginan Bupati Barru Ir H Suardi Saleh, MSi dan jajarannya merealisasikan sekolah khusus atau Boarding School anak yatim piatu, fakir miskin (kaum dhuafa), akhirnya terpenuhi.

Itu setelah Suardi Saleh meresmikan SMP Negeri 8 Harapan Barru sebagai boarding school yang terletak di Desa Harapan, Tanete Riaja, Jumat (27/12/19). Sekolah ini dilengkapi sejumlah fasilitas pendukung, seperti asrama bagi kaum dhuafa, termasuk yang berasal dari wilayah pedalaman dan kepulauan.

Saat peresmian, Suardi Saleh mengurai, keberadaan sekolah ini bertujuan untuk membantu kaum dhuafa, terutama generasi kita yang terkendala faktor ekonomi. Sebab sekolah ini akan menanggung kebutuhan para siswanya.

“Saya ingin anak-anak kita tidur dengan nyaman dan menikmati pendidikan dengan baik. Dan di sinilah tempatnya. Kita siapkan tempat yang layak, dan mereka bisa tenang untuk belajar,” kata Suardi Saleh saat peresmian.

Menurut Suardi Saleh, Boarding School ini tidak sekadar menampung anak kaum dhuafa semata. Tapi mutu pendidikannya juga diperhatikan. Termasuk memberikan pendampingan khusus untuk pendidikan keagamaan.

Makanya, lanjut dia, siswa yang tinggal di sekolah ini, tidak sedikit sudah ada yang mampu menghafal Al-Quran hingga 16 juz, maupun bisa memahami pengetahuan keagamaan.

“Alhamdulillah, di SMP kita ini sudah ada beberapa anak-anak kita yang menghafal Al-Quran sampai 16 juz. Dan saya juga berharap dengan adanya SMP pesantren ini, mampu membentuk generasi-generasi pelanjut yang berakhlakul karimah,” harap Suardi Saleh.

Di peresmian sekolah yang memadukan pengetahuan umum dan keagamaan ini, Suardi Saleh sekaligus menitip pesan kepada pengelola, warga setempat, para orang tua, serta masyarakat luas untuk bersama memperhatikan kelangsungan sekolah pesantren ini.

“Insyaallah, sedikit demi sedikit kita akan bangunkan lagi asrama untuk pesantren ini,” tambah Suardi Saleh yang dikenal punya perhatian lebih terhadap kemajuan pendidikan di Barru.

Berdasarkan pantauan, peresmian ini ikut dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Barru, kepala Andi Adnan Asis, Kepala sekolah SMPN 8 Desa Harapan, Nasruddin, Kasatpol PP Barru,Kepala Perizinan, Kadis Capil, Camat Tanete Riaja, Kepala Desa Harapa, serta sejumlah guru dan orang tua siswa. (Humas Barru)

Komentar