oleh

UMI Gelorakan Islam Washatiyah

Editor : Ashar Abdullah, Penulis : Ratih-Edukasi, Kampus-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Dialog akhir tahun 2019 UPT Pengembangan Karakter dan Dakwah UMI menyerukan agar umat Islam menggelorakan Islam Washatiyah, artinya ajaran Islam yang menengah, tidak ekstrim kiri dan kanan, terutama menyikapi setiap pergantian tahun.

Dialog ini mengambil tema “Perspektif Al-Qur’an dan Hadis tentang Muhasabah”, berlangsung di Aula Prof.Dr.Hj.Masrurah Mokhtar, M.A (31/12). Hadir Ketua UPT. PKD UMI Dr.H.M.Ishaq Shamad,M.A, Imam Besar Masjid Al Markaz Al-Islami Dr.KH.Muammar Bakry, Lc, M.A, dan 50 orang peserta, terdiri dari Dosen, Karyawan, dan mahasiswa UMI.

Ketua UPT PKD UMI, Dr.M.Ishaq Shamad mewakili Wakil Rektor IV UMI dalam sambutannya saat membuka acara dialog akhir tahun ini mengatakan, ada tiga hal yang perlu dilakukan muhasabah, yakni iman, ilmu, dan amal.

“Sejauhmana iman dapat membentuk pribadi yang luhur dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, ilmu sangat penting dalam Islam. Bahkan Allah mengangkat derajat orang beriman dan berilmu pengetahuan beberapa derajat. Demikian pula amal kebaikan, apakah sudah dianggap cukup persiapan menghadapi akhirat,” ujarnya.

Islam menyuruh umatnya untuk bermuhasabah dan merenungkan diri, serta mempersiapkan hari esok yang lebih baik, ajaknya.

Sementara itu, Dr.KH.Muammar Bakry dalam pemaparannya menyampaikan kegiatan ini sangat baik sebagai refleksi. Jika bahasa ekonominya, adalah audit. Oleh karena itu, kegiatan ini adalah audit internal tentang apa yang sudah dilakukan dan persiapan masa depan. Namun nanti di akhirat baru diaudit eksternal.

Dalam audit, peran manusia sebagai mukallaf, berkaitan dengan syariah, yakni larangan dan perintah. Berapa perintah dan larangan yang telah dilakukan. Hasibuu ampusakum qabla antuhaasabuu (Hisablah dirimu sebelum engkau dihisab orang lain), ajaknya.

Dijelaskan, kalender ada 2 macam, yakni kalender Syamsiah dan Qamariah. Syamsiah juga dikenal dengan Masehiah dan Qamariah didasari Hijriah. Miqat/hitungan zamani Syamsiah adalah 2020, tetapi miqat Qamariah adalah 1441 H. Ini kelebihannya UMI, yang sering menggunakan tanggal dan bulan Qamariah. Diusulkan UMI menggunakan penggajian berdasarkan bulan Qamariah.

Komentar