oleh

Bumikan Nilai Religius, Pemkab Barru “Tradisikan” Zikir di Pergantian Tahun

Editor : Lukman Maddu-Barru-

BARRU, BACAPESAN.COM – Menggelar dzikir dan doa di setiap pergantian tahun, kini menjadi “tradisi” di Kabupaten Barru di bawah kepemimpinan Suardi Saleh dan Nasruddin.

Selama Suardi Saleh menahkodai kabupaten yang dikenal “Kota Santri” ini, hampir setiap pergantian tahun selalu diiringi dengan kegiatan dzikir dan doa bersama, seperti yang digelar di Masjid Agung Nurul Iman Barru, Selasa (31/12/2019) malam.

Bukan hanya saat menyambut tahun baru masehi, Pemkab Barru juga membiasakan kegiatan yang sama di malam tahun baru Hijriah atau di tahun baru Islam. Mereka melibatkan berbagai elemen masyarakat dan kalangan ASN di lingkup pemkab.

Selama beberapa tahun terakhir, Suardi Saleh intens mengeluarkan surat edaran atau imbauan yang berisi pesan kepada masyarakat, agar di setiap pergantian tahun hendaknya tetap menjaga ketertiban dan keamanan. Bahkan mengajak masyarakat untuk menggelar dzikir dan doa di masing-masing masjid antara Magrib dan Isya.

Khusus di pergantian tahun dari 2019 ke 2020, Suardi Saleh yang datang bersama istrinya Hj Hasnah Syam, berbaur dengan pimpinan Forkopimda dan berbagai elemen di Masjid Agung. Diantaranya Kapolres Barru AKBP Welly Abdillah, Kajari Ardi Suryanto,

Ketua Pengadilan NegeriCahyono Riza Adrianto,Kepala BPN Tatang Mulyana, Kepala Kankemenag, Safaruddin Nurdin,mewakili Dandim 1405/Mlts, Danramil Barru Kapten Inf.Billahi, Pj Sekda Barru Abustan M.Si, para pimpinan OPD, camat, lurah dan tokoh masyarakat. Mereka nampak khusyuk melantunkan nama Sang Khalik, sembari ikut berdoa bersama.

“Mari sambut tahun 2020 dengan optimis. Terus kobarkan semangat untuk mengabdi dan berbuat yang terbaik bagi daerah kita, bangsa dan negara,” kata Suardi Saleh saat dimintai tanggapannya sesaat sebelum dzikir.

Selain itu, Suardi Saleh yang dikenal merakyat dan sederhana ini, juga mengajak semua elemen masyarakat untuk terus menjaga suasana kondusif di Barru, serta bersama menjaga dan merawat silaturahmi.

“Jaga persaudaraan, kebersamaan dan silaturahmi. Sipakatau,’ sipakainge dan sipakalebbi manengki’. Selamat tahun baru 2020,” pesan suami dari Anggota DPR RI, drg Hj Hasnah Syam ini.

Mengenai tradisi dzikir dan doa, Suardi Saleh menyebut jika salah satu tujuannya, yakni sebagai ungkapan rasa syukur ke Sang Khalik atas pembangunan berbagai bidang yang terlaksana dengan baik, sekaligus bersama mengevaluasi capaian.

Berdasarkan pantauan, ratusan ASN dan elemen warga nampak berbaur dan khusyuk mengikuti dzikir dan doa yang dipimpin Ustadz Arifuddin Lewa yang dihadirkan Pemkab Barru. (Humas Barru)

Komentar