oleh

Iuran BPJS Naik Bulan Ini, 2.766 Orang di Makassar Turun Kelas

Ashar Abdullah and Hikmah-Ekobis-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Penetapan kenaikan iuran Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dimulai sejak awal Januari 2020 berimbas pada banyaknya warga yang turun kelas.

Dari tiga tingkatan kelas di BPJS Kesehatan, tercatat sekitar 14 hingga 15 persen pengguna memilih turun ke kelas tiga disebabkan naiknya Iuran hingga seratus persen.

Deputi Direksi Wilayah Sulselbartramal, dr. Donni hendrawan, mph memaparkan bahwa dari banyaknya kunjungan ke BPJS kesehatan, pemberian layanan penurunan kelas mendominasi.

“Dari sekitar 21.000 kunjungan ke BPJS Makassar, sebanyak 2766 orang atau sekitar 14 persen melakukan penurunan kelas,” ungkapnya, Rabu (08/01/2019) kemarin.

Uniknya, kata Donni, sekitar 15 orang yang berkunjung ke BPJS Kesehatan memilih untuk naik kelas.

Donni melanjutkan, kenaikan iuran tersebut tentu saja akan dibarengi dengan peningkatan fasilitas yang akan diberikan bagi pengguna BPJS.

“Peningkatan fasilitas tentunya akan sejalan, sebagai contoh pada aplikasi JKN KIS akan tersedia beberapa layanan yang terhubung langsung ke puskesmas maupun rumah sakit rumah sakit yang menggunakan layanan BPJS, disitu masyarakat bisa melihat misalnya ketersediaan kamar untuk pasien kelas tiga di rumah sakit yang akan dituju,” bebernya. (*)

Komentar