oleh

Dinas Tata Ruang Bantu PDAM Pangkep Maksimalkan Sumber Air

Editor : Ashar Abdullah, Penulis : Atho-Daerah, Pangkep-

PANGKEP, BACAPESAN.COM – Dinas Tata Ruang Kabupaten Pangkep dukung PDAM maksimalkan sumber air, khususnya sumber air baku Tagari, Desa Lanne, Kecamatan Tondong Tallasa.

Kepala Dinas Tata ruang Kabupaten Pangkep, Sunandar yang ditemui Senin (13/01) menjelaskan jika pihaknya saat ini sedang berkordinasi dengan PDAM untuk memastikan titik titik yang layak untuk pemasangan instalasi.

“kita sudah cocokkan, dari PDAM yang punya data lengkap dan kami yang kerjakan sarananya, sayang kalau pipa ini kita pasang, tidak dialiri air, banyak itu pipa terpasang tapi tidak berfungsi maksimal,” ungkapnya.

Terkait tidak maksimalnya suplai, dari sumber air baku Tagari, Dirut PDAM Pangkep, Andi Yathrib Pare membenarkan hal tersebut, menurutnya hal itu dipicu oleh banyaknya kebocoran akibat sambungan ilegal yang dilakukan masyarakat setempat.

“Disana itu banyak pipa induk dibocor oleh masyarakat, untuk mengairi sawah mereka, akibatnya banyak warga yang tidak dapat pemenuhan air, karena tekanan berkurang,” ungkap Andi Yathrib, selasa (13/01).

Mengantisipasi pipa bocor tersebut, Yathrib Menambahkan jika dalam waktu dekat akan di normalkan kembali, terlebih PDAM baru saja menerima dana Hibah dari APBD sebesar Rp.300jt.

“itu akan kita ganti pipanya semua, biar kembali normal,” tambah mantan Kepala Bapenda Pangkep tersebut.

Selain memaksimalkan air baku Tagari, PDAM yang dibantu Dinas Tata ruang sendiri juga berusaha mendatangkan bantuan APBN dari Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang diperuntukkan untuk sumber air baku baru, di Desa Mangilu, Kecamatan Bungoro.

“Ada dana Rp27 Miliar yang dijanjikan pemerintah pusat lewat Kementrian PUPR, ini untuk sumber air di Desa Mangilu, karena ada instalasi pengolahan airnya disana,” tutup Andi Yathrib.

Pangkep sendiri saat ini memiliki tujuh sumber air baku, yakni IPA Leang kassi dan Ulu Ere, Kecamatan Minasatene, IPA Jatie dan Cidokang, Kecamatan Labakkang, IPA Tagari, Kecamatan Tondong Tallasa, IPA Mattampa Kecamatan Bungoro dan IPA Amung Kecamatan Segeri. (*)

Komentar