oleh

Kerugian Akibat Bencana Capai 11 Miliar, Bupati Barru Harapkan Ini ke Gubernur

Editor : Ashar Abdullah, Penulis : Andi Amril-Barru, Daerah-

BARRU, BACAPESAN.COM – Kunjungan Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah (NA) Barru dijadikan momentum Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barru menyampaikan laporan penanganan bencana alam, sekaligus harapan warga yang butuh perhatian pemerintah provinsi.

Saat menyambut Gubernur di Kecamatan Soppeng Riaja, Senin (13/01/2020), Bupati Barru melaporkan secara rinci mengenai langkah-langkah yang sudah ditempuh jajarannya, Tim Basarnas, dan berbagai elemen.

Dari data yang terhimpun, kerugian materil yang dialami ditaksir lebih dari Rp11 miliar. Seperti kerusakan tanggul Pantai Sumpang Binangae yang nilainya mencapai Rp4,2 miliar, kerusakan jalan di Lawallu-Tanrabalana sekitar Rp3 miliar. Termasuk untuk Pasar Takkalasi dan Ajakkang, serta Jembatan Kiru-Kiru yang keseluruhannya mencapai Rp400 juta.

Begitu pun di sektor pertanian total kerugiannya di angka Rp133 juta. Sedangkan di bidang perikanan, jumlahnya jauh lebih besar yakni menghampiri Rp4 miliar. Dan khusus kerusakan rumah warga akibat angin kencang pada 5 Januari, sekira Rp260 juta.

“Saya dan masyarakat tentunya memerlukan bantuan dari Bapak Gubernur Sulsel. Untuk (perbaikan) tanggul di Pantai Sumpang Binangae misalnya, kami membutuhkan sekitar Rp4 miliar,” kata Suardi Saleh saat menyampaikan laporan penanganan dan dampak bencana ke Nurdin Abdullah.

Kepada Gubernur dan rombongan, Suardi Saleh juga menyampaikan tentang dua bencana alam yang terjadi di Januari, yakni angin kencang yang merusak sekitar 100 rumah warga, dan banjir yang melanda tiga kecamatan.

Tentang penanganan ke korban bencana, Bupati Barru bersama sejumlah elemen sudah melakukan berbagai langkah, baik evakuasi warga, mendirikan posko penampungan, maupun menurunkan tim siaga setiap saat di lokasi bencana.

Komentar