oleh

Kunjungi Korban Banjir, Lazismu-MDMC-Call Centre 112 Beri Layanan Pemeriksaan Gratis dan Bagi Alquran

Editor : Kalmasyari-Berita, Daerah, Parepare-

PAREPARE, BACAPESAN.COM- Lazismu Parepare bersama Muhammadiyah Disaster Management Centre (MDMC) membuka layanan pemeriksaan dan pengobatan gratis kepada warga yang merupakan korban dampak bencana banjir.

Program yang dikerjasamai Call Centre 112 Dinas Kesehatan Kota Parepare ini dilakukan di Lontangnge, Kelurahan Watang Bacukiki, Kecamatan Bacukiki, Kota Parepare, Selasa, (14/1/2020).

Kelebihan program layanan kesehatan gratis yang dipimpin langsung Ketua Lazismu Parepare, Hj Erna Rasyid Taufan didampingi Sekretarisnya, Syaiful Amir karena para warga tidak perlu membawa atau memperlihatkan kartu identitas, seperti KTP atau KK seperti pemeriksaan kesehaan pada umumnya.

Ibaratnya berada di Puskesmas, keluhan warga langsung ditangani Dokter. Di tempat itu pula, warga mendapat obat berdasarkan keluhan penyakit yang diderita.

“Lazismu kerjasama dengan Call Center 112 memberikan layanan pemeriksaan kesehatan gratis kepada warga Lontangnge sebagai korban terdampak banjir. Saya melihat di berbagai media sosial, banyak yang telah menyalurkan bantuan logistik, termasuk Lazismu, sehingga saya berpikir bantuan kali ini adalah memberikan pelayanan kesehatan gratis dengan memeriksa kondisi kesehatan warga pasca banjir dan langsung diberikan obat,” ujar Erat, akronim nama Istri Walikota Parepare ini.

Pada kesempatan itu pula, Erna Rasyid Taufan yang juga merupakan Ketua FKPPI Parepare ini melaunching program ‘One House One Alquran’ sebagai bentuk dan upaya pengobatan rohani masyarakat.

“Program ini kami kerjasamai dengan sejumlah organisasi sosial, agama, dan kemasyarakatan, seperti Laskar Merah Putih, Pemuda Pancasila, PEKAT, PHRI, FKCA, PKK, Dekranasda, dan FKPPI sebagai Pemprakarsa program. Pertimbangan saya melaunching program ini karena selain adanya layanan kesehatan gratis untuk mengobati fisik warga, nah dengan penyerahan alquran setiap rumah dapat mengobati rohani para warga, sehingga trauma warga terdampak banjir dapat terobati,” tandasnya.

Sebagai implementasi program ‘One House One Alquran’, warga juga diberikan alquran secara gratis.

Jumani, warga Lontangnge, Kelurahan Watang Bacukiki tidak dapat menahan tangis. Dia memeluk Erna lantaran diberi sebuah alquran yang diketahui berasal dari tanah suci. Alquran itu dibawa ke Parepare oleh Ketua LMP, H Syamsul Latanro saat umrah sebagai salah satu organisasi yang ikut mensupport program ini.

“Matterima kasih lanre’ka sama Bu Wali, nasaba’ mauni de’ nengka wenre mekka’ koranna tona engka wappunnai (saya berterima kasih banyak kepada Bu Wali karena saya tidak pernah naik tana suci, namun setidaknya saya punya alquran yang berasal dari sana),” ujarnya sembari menangis dan mencium beberapa kali alquran yang diterima.

Sebelumnya Lazismu menyerahkan bantuan logistik, berupa sembako dan makanan siap saji. Pada kegiatan itu juga, hadir Camat Bacukiki, Saharuddin, dan Kepala Puskesmas Lemoe, dr Sufriani.
(***)

Komentar