oleh

KPU Makassar Buka Pendaftaran PPK Secara Online

Editor : Lukman Maddu, Penulis : Ratih-Pilkada-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Jelang Pilwalkot Makassar 2020 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar membuka pendaftaran panitia pemilihan kecamatan (PPK) secara online.

Hal tersebut, dikatakan Komisioner KPU Divisi SDM Kota Makassar Endang Sari, saat menggelar Press Conference persiapan pendaftaran PPK, di Aula Kantor KPU Kota Makassar, Rabu (15/1/2020).

Endang Sari mengatakan penerimaan anggota PPK se Kota Makassar, akan dibuka pada 18 sampai 20 Januari 2020 mendatang. Sistem pendaftaran dan penyetoran berkas, akan dibuka secara online di website KPU Makassar yang kemudian nantinya akan mengikuti tes tertulis dan tes wawancara.

“Hari ini baru tahapan pengumuman. Pendaftaran akan dimulai pada tanggal 18 sampai 20 Januari 2020. Sementara dipersiapkan websitnya,” ujar Endang.

Endang juga mengatakan, perihal tes calon anggota PPK saat ini sedang diwacanakan akan dilakukan sistem perekrutan berbasis CAT, agar PPK Kota Makassar tidak gagal teknologi.

Hanya saja, sejauh ini dasar hukumnya belum ada. Sehingga pihak KPU Kota Makassar sudah mengusulkan dan saat ini, masih menunggu surat edaran dari KPU RI dan juga izin dari provinsi. Kendalanya ada pada dasar hukum. Ketika ada dasar hukum yang memperbolehkan CAT bisa dilakukan, maka KPU Kota Makassar bisa melakukan CAT pada perekrutan PPK kali ini.

“Kami saat ini sedang berusaha untuk melakukan perekrutan berbasis CAT. Jadi tes tertulis itu berbasis CAT. Tapi kita butuh dasar hukum. Jadi sejauh ini dasar hukumnya yang belum ada. Kami sedang mengusulkan dan menunggu edaran dari KPU RI, dan juga izin dari provinsi. Kendalanya sisa dasar hukum. Ketika ada dasar hukum yang memperbolehkan CAT, itu bisa dilakukan maka KPU makassar bisa melakukan CAT pada perekrutan PPK kali ini,” terangnya.

Namun, sebelum ada dasar hukum dan aturan, KPU belum menyatakan tes dilakukan secara CAT. Untuk kesiapan KPU mengaku telah siap tinggal menunggu aturan resmi dari KPU pusat. (*)

Komentar