oleh

Tekankan Netralitas, Bawaslu Surati 6000 ASN Pangkep

Editor : Ashar Abdullah, Penulis : Atho-Berita-

PANGKEP, BACAPESAN.COM – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pangkep surati seluruh ASN lingkup Pemkab Pangkep. Surat tersebut dilayangkan terkait imbauan agar ASN tetap netral pada pilkada yang akan dihelat 2020 mendatang.

Surat yang bersifat penting dan ditanda tangani oleh Ketua Bawaslu Pangkep, Syamsir Salam tersebut berjumlah dua lembar yang berisi undang – undang dan peraturan yang mewajibkn ASN untuk menjaga netralitasnya.

“Kurang lebih enam ribu PNS di Pangkep kami surati, surat tersebut berupa imbauan sebagai upaya pencegahan agar ASN tetap menjaga netralitasnya baik sikap maupun bahasanya,” ungkap Ketua Bawaslu Samsir Salam, Rabu (15/01).

Samsir menambahkan, jika surat tersebut akan menjadi acuan Bawaslu untuk memproses dan menindak ASN yang terbukti atau kedapatan melakukan pelanggaran.

“Imbauan yg kami kirimkan saat ini masih dalam rangka pencegahan apabila setelah ini masih ada yang melakukan perbuatan yang berpotensi pelanggaran, maka pasti akan kami proses sesuai dgn regulasi yang ada,” tambah mantan aktivis HMI tersebut.

Dalam surat tersebut Bawaslu mencantumkan sejumlah aturan dan undang undang yang mengikat ASN, seperti UU no.5 tahun 2014 tentang ASN, PP no 42 tahun 2004 tentang kode etik ASN, PP no 53 tahun 2010 tentang kedisiplinan ASN, dan surat edaran Menpan RB tahun 2017.

Terpisah, salah satu ASN lingkup Dinas Kominfo Pemkab Pangkep, Adil Makmur Alwi menilai jika langkah yang diambil Bawaslu patut diapresiasi, mengingat Pangkep sudah memasuki tahun politik, maka sangat rawan jika ASN terlibat politik praktis.

“Saya sudah terima suratnya, ini langkah baik untuk pencegahan yang dilakukan Bawaslu, dan patut didukung, semoga tidak ada ASN kita yang melanggar,” ujar Adil.

Diharapkan dengan beredarnya surat tersebut, dapat mewujudkan Pilkada 2020 yang demokratis, bermatabat dan berkualitas, Selain ASN Bawaslu juga akan menyampaikan himbauan terhadap TNI dan Polri. (*)

Komentar