oleh

Erna R Taufan Sambut Wisatawan Dengan Prosesi Pengalungan Sarung Sutra

Editor : Kalmasyari-Berita, Daerah, Parepare, Wisata-

PAREPARE, BACAPESAN.COM – Pemerintah Kota Parepare, melalui Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) melakukan menyambutan ratusan wisatawan dari berbagai mancanegara, Jumat (17/1/2020) di Kawasan Pelabuhan Nusantara.

Selain disambut dengan iringan musik serta tarian tradisional ‘Padduppa’ dan ‘Gendrang Bulo’, dilakukan juga prosesi pengalungan sarung sutra oleh Ketua PKK Kota Parepare, Hj Erna Rasyid Taufan, kepada Kapten Kapal Pesiar MS Europa, Master Dag Dnergastein.

Suguhan itu nampaknya mendapat tempat di hati para wisatawan. Diantara mereka ada yang terlihat berjoget menikmati alunan lagu Bugis, dan mengambil gambar.

“Parepare is a pleasant city to visit. There aren’t many places we visit that get a welcome like this (Parepare Kota yang menyenangkan untuk dikunjungi, tidak banyak tempat yang dikunjungi mendapatkan sambutan seperti ini,” ujar Ika Merdeka Sari salah satu Presenter TV Peduli DisKominfo Parepare, mengutip dan menerjemahkan pernyataan Kapten Master Dag saat berbincang.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Parepare Hj Erna Rasyid Taufan memuji model penyambutan yang dilakukan Pemerintah Kota Parepare melalui Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar). Konsep dan simbol Islami kata dia, tetap diperhatikan meskipun yang datang adalah wisatawan mancanegara.

“Terima kasi karena telah memberikan pemahaman yang baik kepada mereka bahwa kota kita kota ulama saat beberapa di antaranya ingin mandi tanpa busana di pantai. Dipenyambutan ini juga, mulai dari penari, sampai penyanyi semua menggunakan jilbab,” ungkap Erna, mengapresiasi.

Kedatangan para wisatawan dari berbagai mancanegara itu kata Erna, ada rasa bangga tersendiri. Kata dia, kedatangan kapal pesiar itu berarti Parepare semakin terkenal di kanca Internasional.

“Saya sangat senang dan bahagia, memang kita terkenal karena sosok mendiang Habibie, putra kelahiran Parepare sebagai tokoh internasional Presiden Ketiga RI” ujar istri Walikota dua periode itu.

Terkait strategi penyambutan yang dilakukan, Kepala Disporapar Parepare, Amarun Agung Hamka menjelaskan, jika sejak malam tadi, pihaknya menyuguhkan irama musik dan makanan tradisional.

“Hari ini investasi yang kita lakukakan, biayanya tidak banyak. Kami berharap pelayanan yang kami lakukan dapat berkesan, sehingga para wisatawan bisa menjadwalkan datang lagi ke Parepare. Jika dulunya sekali setahun, munhkin bisa dua kali dalam setahub. Kami suguhkan musik tradisional dan makanan tradisional secara gratis. Mereka dampaknya sangat menikmati,” urai alumni STPDN angkatan 12 ini.
(***)

Komentar