oleh

Dewan Dukung Ranperda Peningkatan Kualitas Permukiman Kumuh

Editor : Lukman Maddu, Penulis : Ratih-Politik-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Makassar mendukung Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) yakni Ranperda Peningkatan kualitas permukiman kumuh dan Ranperda tentang produk hukum daerah.

Anggota DPRD Makassar Fraksi Partai Demokrat Ray Suryadi Arsyad menyampaikan fraksinya setuju dengan dua ranperda tersebut. Ia juga mengatakan partai demokrat mendukung dan mendorong agar perda tersebut segera dirampungkan.

Menurutnya, ranperda permukiman kumuh sangat penting supaya segera dibuat untuk mempercepat pelaksanaan program pembangunan lingkungan yang sehat.

Sementara Ketua Pansus Ranperda Permukiman Kumuh Fasruddin Rusli, mengatakan Pansus akan menggodok secepatnya ranperda tersebut untuk menjadi Perda Kota Makassar.

Mengenai waktu yang dibutuhkan untuk merampungkan ranperda itu, berkisar 3 bulan. Rusli menyebutkan fungsi Perda sebagai akses pemerintah untuk melakukan pembenahan kualitas pemukiman yang ada di kota Makassar, utamanya bagi warga yang tidak mampu.

“Pemukiman kumuh hampir dari 15 kecamatan itu ada. Jadi kami bersama dinas perumahan secepatnya akan meninjau rumah-rumah yang layak untuk dilakukan rehabilitasi dari warga kota Makassar,” ungkap Rusli, Sabtu (18/1/2020).

Rusli juga mengatakan fungsi perda ini, untuk membantu warga/masyarakat kurang mampu. Terdapat 8 Bab 94 Pasal, pihaknya akan bersama-sama dengan dinas terkait, terutama dinas perumahan dan PU akan turut di undang dalam menghadiri rapat pansus nanti.

“Fungsi Perda ini untuk membantu warga masyarakat yang kurang mampu dengan rumah yang tidak memungkinkan untuk dihuni. Jadi, rata-rata ada proses berat dan ringan untuk masalah perbaikannya. Berat dan ringan masing-masing ada besarannya. Nanti akan dibahas lebih lanjut dalam waktu dekat di pansus,” ungkapnya. (*)

Komentar