oleh

Pelayanan Semakin Dekat, Imigrasi Kini Berkantor di Takalar

Editor : Lukman Maddu, Penulis : Supahrin-Takalar-

TAKALAR, BACAPESAN.COM – Secara resmi, pelayanan imigrasi kini bakal berkantor di Kabupaten Takalar. Hal ini ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerjasama oleh Pemkab Takalar dengan Direktorat Jenderal Imigrasi, di Jakarta, Jumat (17/1/2020) malam.

Perjanjian kerja sama tersebut sekaitan dengan pendirian kantor Unit Kerja Keimigrasian (UKK) Kantor Imigrasi kelas I TPI Makassar di Kabupaten Takalar.

Bupati Takalar H. Syamsari Kitta bersama Dirjen Imigrasi Irjen Pol (Purn) Dr. Ronny Franky Sompie meneken perjanjian kerjasama tersebut disaksikan oleh Rektor UGM, serta Ketua DPRD dan Legislator kabupaten Takalar.

Kehadiran UKK kantor Imigrasi kelas I TPI Makassar di Takalar ini merupakan salah satu upaya pemkab Takalar dalam mendekatkan pelayanan termasuk pelayanan keimigrasian.

Warga di sekitar kabupaten Takalar juga dapat merasakan manfaat kantor imigrasi di Takalar ini sehingga tidak lagi perlu ke Makassar melakukan pengurusan imigrasi.

Syamsari usai meneken perjanjian kerjasama menyampaikan bahwa kehadiran kantor Imigrasi ini juga kedepan akan berpengaruh terhadap peningkatan PAD kabupaten Takalar.

“Takalar akan menjadi daerah tujuan masyarakat untuk mengurus paspor, hal ini akan mendorong pertumbuhan UMKM. UMKM berkembang akan berpotensi meningkat PAD. Jadi kantor UKK imigrasi ini akan memiliki dampak langsung dan tidak langsung terhadap PAD Takalar,” jelas Syamsari.

Lebih lanjut, Bupati Inovatif lingkungan hidup ini juga mengungkapkan bahwa kehadiran kantor imigrasi kedepan akan sangat dibutuhkan mengingat pendirian Kawasan Industri Takalar.

“Imigrasi dibutuhkan untuk pelayanan orang asing, karena Takalar akan sering kedatangan orang asing karena memiliki kawasan industri,” pungkasnya.

Untuk diketahui, kabupaten Takalar merupakan kabupaten ke-18 yang terpilih dalam pendirian UKK Kantor Imigrasi di Indonesia. Rencananya, UKK kantor Imigrasi ini akan diresmikan bertepatan dengan hari jadi kabupaten Takalar bulan Februari mendatang. Ini sekaligus menjadi kado spesial pada hari jadi kabupaten Takalar yang ke-60.

Sekadar diketahui bahwa nantinya kantor Imigrasi berkantor di ex markas cabang Legiun Veteran di Jl. Fitrah No. 2, Kelurahan Kalabbirang, Kecamatan Pattalassang. (*)

Komentar