oleh

Serap Usulan Masyarakat, Kecamatan Bacukiki Parepare Gelar Musrenbang Tingkat Kelurahan

Editor : Kalmasyari-Berita, Daerah, Parepare-

PAREPARE, BACAPESAN.COM – Pemerintah Kecamatan Bacukiki Kota Parepare melaksanakan Musrembang RKPD Tahun 2021 Tingkat Kelurahaan, yang berlangsung di Aula Kantor Kelurahan Lompoe, selasa (21/1/2020).

Musrenbang itu mengangkat tema ‘Peningkatan kesejahteraan masyarakat dan pertumbuhaan ekonomi yang inklusif melalui pembangunan infrastruktur, peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan Layanan Publik’.

Camat Bacukiki Saharuddin membuka kegiatan itu menjelaskan, pelaksanaan musrembang tersebut untuk menyerap usulan-usulan maupun permasalahan masyarakat ke tingkat Kota, untuk dianggarkan pada APBD 2021.

Saharuddin mengungkapkan, usulan yang diterima dari masyarakat itu akan melalui beberapa proses tahapan diantaranya, pra musrembang, musrembang tingkat kelurahaan, kecamatan dan Kota Parepare, dengan sistem skala perioritas yang berpedoman pada saripati visi misi Walikota dan Wakil Walikota Parepare.

“Tentunya, peran aktif masyarakat hadir pada musrembang ini sangat diharapkan agar kepentingan ataupun usulan-usulan, dapat terakomodir sampai ke tingkat Kota,” terang Saharuddin

Sementara itu, Tim IV Musrenbang Bappeda Saiful menambahkan, pelaksanaan musrenbang itu pada dasarnya untuk menentukan perioritas yang akan dilaksanakan berdasarkan hasil dari pra musrembang pada bulan november tahun 2019 lalu.

Dari hasil pra musrembang itu kata Saiful, akan direkap lagi melalui Aplikasi e-Planning, selanjutnya dilakukan penginputan agar usulan masyarakat dapat terakomodir di APBD 2021.

“Data penerima harus terakomodir di Basis Data Terpadu (BDT), terutama pada penerima yang ada di Dinas Sosial dan Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang, kecuali bagi penerima yang belum terdata di BDT namun mendapatkan usulan selaku penerima manfaat, maka akan diarahkan di luar daripada OPD tersebut,” tambah Saiful.

Selain Camat Bacukiki, hadir pula Lurah lompoe, Bappeda, Babinsa, Babinkantibmas, warga, Kader Pos Yandu, Plt Rw/Rt, serta utusan OPD, Toko Agama, dan Pemuda.
(***)

Komentar